Wujudkan Komitmen Tertib Administrasi, Dinas Pendidikan Kulon Progo Canangkan Labelisasi Asset

Kamis, 28 Maret 2013 09:20:01 - Oleh : datadik

Peringkat SD/MI Berdasar Nilai US/M Tingkat Kabupaten & Kecamatan Tahun 2014

Peringkat SMP/MTS Kulon Progo Berdasar Nilai UN 2013/2014

Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2014/2015

Daftar Peringkat Sekolah di Kulon Progo Berdasar Nilai UN Tahun 2014

 

Dalam pengeloaan asset diperlukan suatu prosedur pelaksanaan yang jelas  agar terwujudnya tata kelola yang baik dan  tertib administrasi. Proses pengelolaan asset itu sendiri diawali dari pencatatan barang inventaris dan diakhiri dengan pemasangan label pada barang inventaris. Saat ini di lingkungan Dinas Pendidikan yang terdiri dari sekolah-sekolah dari jenjang TK, SD, SMP, danSMA/SMK telah memasuki tahap terakhir yaitu labelisasi yang ditarget akan selesai pada akhir bulan Maret ini. Untuk mensukseskan proses labelisasi ini, diperlukan suatu dukungan penuh dari seluruh stakeholder agar kegiatan labelisasi ini dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Oleh karena itu, bertempat di SD Negeri Kembang Malang (Rabu, 27 Maret 2013) Bapak Wakil Bupati Kulon Progo berkenan hadir dalam kegiatan “Pencanangan Labelisasi Barang Inventaris Tahun 2012”. Kegiatan pencanangan ini sebagai simbolisasi diawalinya kegiatan labelisasi di seluruh SKPD di Kabupaten Kulon progo. Kegiatan pencanangan ini selain  dihadiri oleh Ibu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo juga dihadiri oleh Kepala DPPKA Kab Kulon Progo, Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo, Camat Panjatan dan unsur Muspika. Sedangkan ditunjuknya SD Negeri Kembang Malang sebagai tempat pencanangan kegiatan tersebut karena di sekolah-sekolahlah yang merupakan ujung tombak dari keberhasilan Dinas Pendidikan dalam menyajikan laporan asset tahun 2012. 

Kegiatan pencanangan ini diawali dengan penyambutan oleh siswa-siswi SD Negeri Kembang Malang dengan senam angguk. SD Negeri Kembang Malang merupakan sekolah yang berprestasi baik tingkat kabupaten maupun tingkat nasional. Kondisi lingkungan yang hijau dan asri, tertib dan tertata apik merupakan kesan pertama dari  Wakil Bupati Kulon Progo.

Dalam laporan kegiatan pengeloaan asset di lingkungan Dinas pendidikan Kabupaten Kulon progo, Ibu Sri Mulatsih DR, M.Pd menyebutkan bahwa pengelolaan asset di lingkungan dinas pendidikan telah berjalan dengan baik dan dapat menyusun laporan tepat waktu. Hal ini merupakan prestasi yang baik dari Dinas Pendidikan karena setidaknya Dinas pendidikan mampu menunjukkan bahwa dengan banyaknya SKPD bukan merupakan hambatan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab penyusunan laporan. Dalam kesempatan itu juga, beliau mengapresiasi kepada UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Panjatan yag telah mampu menyusun laporan tepat waktu dan baik.

Dalam kesempatan pencanangan labelisasi ini, Kepala UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Panjatan juga melaporkan bahwa suksesnya kegiatan ini tak lepas dari dukungan seluruh pihak yang ada di bawah naungan UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Panjatan yaitu: Forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah, Kepala sekolah dan kesungguhan para pengurus barang. Dalam kesempatan itu juga, Tim Asset UPTD PAUD dan Dikdas Panjatan yang diwakili oleh Titi Lestari Sulistyawati dari SD Negeri Kembang Malang juga memaparkan proses pengelolaan asset yang telah dilaksanakan dari awal sampai akhir, yaitu proses labelisasi.

Pencanangan labellisasi ini ditandai dengan penempelan label di ruang kelas 6 oleh Bapak Wakil Bupati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Kepala Inspektorat  Daerah, Kepala DPPKA dan terakhir oleh kepala UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Panjatan. Setelah penempelan label selesai, dilanjutkan dengan acara dialog interaktif bersama Ka DPPKA, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Kepala Inspektorat Daerah dan  Sudiyantoro, SE (admin SIM Asset Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo).  (Titi)

« Kembali | Kirim | Versi cetak