DATA PESERTA UN

Wates, 10 Januari 2013 ---- Salah satu tahapan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah proses pendataan calon peserta. Tahun ini proses pendataan dan pendaftaran calon peserta Ujian Nasional untuk kelas 6 SD/MI, kelas 9 SMP/MTs dan kelas 12 SMA/MA/SMk dilakukan secara On Line ke server Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan) di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan secara langsung oleh Operator masing-masing sekolah, dengan hak akses yang diatur oleh Admin di Dinas Pendidikan Kabupaten.

Sampai dengan batas akhir hak akses sekolah (tanggal 7 Januari 2013), jumlah peserta UN SMP/Mts 5.915 siswa, SMA/MA 1.701 siswa, SMK 3.693 siswa dimana siswa-siswa tersebut telah ditetapkan sebagai Daftar Nominasi Sementara (DNS).

Tahapan selanjutnya adalah pengusulan DNS tersebut menjadi Daftar Nominasi Tetap (DNT) ke Puspendik oleh Admin Dinas Pendidikan Kabupaten untuk dilakukan proses "generate" data untuk pembuatan format entry nilai dan penerbitan nomor peserta.

Sedangkan untuk jenjang SD/MI sampai saat ini masih dalam proses verifikasi dan validasi oleh masing-masing operator sekolah yang juga dilaksanakan secara on line. (datadik)