Tanamkan Semangat Gotong-royong, SMP Negeri 3 Samigaluh Bantu Bedah Rumah

Minggu, 8 Maret 2020, keluarga besar SMP Negeri 3 Samigaluh melaksanakan  Bedah Rumah di rumah Bapak Kamijan dengan alamat Munggang Lor  RT 34/ RW 14, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Rumah tersebut mendapatkan bantuan bedah rumah dari berbagai unsur atau lembaga karena rumah tersebut memang belum layak huni. Kegiatan ini melibatkan seluruh guru dan tenaga kependidikan beserta para peserta didik yang lokasinya berdekatan dengan rumah yang mendapatkan bedah rumah. Kurang lebih pukul 08.00 pagi sampailah di lokasi dan langsung melaksanakan kegiatan gotong-royong dengan ranting membawa batu untuk pondasi rumah. Juga aktivitas meratakan tanah di area yang akan dibangun. Para peserta didik sangat antusias atau bersemangat dalam melaksanakan bedah rumah ini. Para warga masyarakat bersatu-padu, bahu-membahu, saling kerja sama, mengingatkan kita akan peribahasa berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Atau dalam bahasa Jawa saiyeg saeka praya.

Kegiatan ini sungguh membanggakan karena semakin memantapkan akan pentingnya mengimplementasikan lima pilar karakter utama yaitu: mandiri, kerja sama/gotong-royong, religius, integritas, dan nasionalisme. Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat dihadiri oleh Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Asekda III Drs. Bambang Tri Harsono, M.Si., beserta para unsur pejabat dari berbagai lintas sektoral, Panewu Samigaluh beserta jajarannya, Lurah Sidoharjo beserta jajarannya dan seluruh masyarakat dari berbagai elemen.

“Warga masyarakat Samigaluh sangat kompak dan bersatu dalam kegiatan bedah rumah ini, sungguh suasana yang membanggakan, terima kasih atas bantuan material dan moral dari berbagai unsur atau elemen masyarakat,” ujar Bapak Drs. Bambang Tri Harsono, M.Si..”, Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa semangat kekeluargaan, kebersamaan, kegotong-royongan ini harus selalu dipupuk dan dikembangkan agar bisa diteladani oleh generasi penerus bangsa ini. Donatur dari kegiatan bedah rumah ini berasal dari Forum CSR Kulon Progo, BAZNAS, Polsek Samigaluh, Bawaslu Kab. Kulon Progo, dan masih banyak lagi instansi lain yang meringankan beban keluarga tersebut. Kami dari keluarga besar SMP Negeri 3 Samigaluh juga memberikan sedikit tali asih kepada keluarga yang mendapatkan bedah rumah tersebut. Sebelum berangkat ke lokasi, Sigit Slamet Raharta, S.Pd., Kepala SMP Negeri 3 Samigaluh, berpesan kepada peserta didik, “ Kalian Bapak harapkan melaksanakan kegiatan ini dengan ikhlas, semangat menolong, kerja sama, memiliki kepedulian terhadap sesama mewarisi nilai-nilai adiluhung yang telah diwariskan oleh nenek moyang. Kurang lebih pukul 11.15, aktivitas kami untuk bergotong-royong selesai dan kegiatan bedah rumah dilanjutkan oleh warga masyarakat sekitar.