Semangat Gotong Royong, SMP Negeri 1 Nanggulan Turut Serta Dalam Bedah Rumah

Minggu, 15 Maret 2020 agak beda suasana di dusun Ngangin-angin desa Banyuroto kecamatan Nanggulan. Tampak beberapa umbul-umbul merah putih terpasang di pintu masuk gang desa, dan gang masuk RT 12/05, tepatnya ke arah rumah Bapak Sadirin. Itulah lokasi bedah rumah di minggu ke 2 bulan Maret 2020.

Sebagai salah satu sekolah yang berlokasi tidak jauh, kurang lebih 3 km dari lokasi bedah rumah, SMP Negeri 1 Nanggulan ikut serta dalam kegiatan tersebut. Sebanyak kurang lebih 40 personil terdiri dari siswa dan guru SMP Negeri 1 Nanggulan ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Bedah rumah dihadiri oleh unsur dinas di lingkungan Kabupaten Kulon Progo, termasuk dari RSUD Nyi Ageng Serang, alumni Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada Angkatan 1990. Sebelum upacara ceremonial dimulai, bedah rumah diawali dengan menyiapkan bahan untuk cor fondasi dan dinding rumah. Semua siswa dan guru SMP Negeri 1 Nanggulan ikut serta aktif mengangkat batako dan bahan aduk semen untuk cor. Kegiatan dilanjutkan dengan  pemberian bantuan secara simbolis kepada Bapak Sadirin. Bantuan berasal dari berbagai pihak yakni; dari Bank BPD DIY cabang Wates, dari RSUD Nyi Ageng Serang, dari mahasiswa Alumni Fakultas Kedokteran angkatan 1990, dari OSIS SMP Negeri 1 Nanggulan dan dari pemerintah kapanewon Nanggulan berupa IMB.

Acara dilanjutkan dengan pengerjaan pembangunan rumah oleh masyarakat sekitar. Semangat Gotong royong semua warga sangat terlihat, saling membantu, saling meringankan.