APSI Kulon Progo menggelar Diseminasi Microsoft Office 365 dan Pelatihan e-Pengawas

Assosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kulon Progo menggelar Diseminasi Microsoft Office 365 dan pelatihan e-Pengawas bagi pengawas sekolah di wilayah Kulon Progo. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yaitu tanggal 6, 7, dan 9 Juli 2020. Kegiatan yang digelar di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kulon Progo Unit 3 di Pengasih ini diikuti sebanyak 41 peserta yang terdiri dari pengawas TK/RA, SD/MI, dan SMP/MTs dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pengawas dalam bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) serta meningkatkan pemahaman pengawas dalam memanfaatkan aplikasi e-pengawas guna menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. Dalam sambutannya Ketua APSI, Edi Sutanto, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa pendidikan di era pandemik pembelajaran daring dan luring harus bisa diakses serta diterapkan untuk peserta didik karena Kulon Progo saat ini mengalami zona kuning. Pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) membutuhkan kreativitas dan inovasi dari guru agar peserta didik tetap mendapatkan layanan pendidikan yang maksimal. Pengawas diharapkan mampu mendorong dan memberikan bantuan terhadap guru-guru di sekolah binaannya untuk mewujudkan hal tersebut.

Kegiatan Diseminasi ini dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora Kulon Progo, Arif Prastowo, S.Sos. M Si. Dalam sambutannya Kepala Dinas berharap pelatihan ini memberikan manfaat bagi pengawas, terkait kemampuan teknologi informasi yang sangat dibutuhkan di masa pandemik ini. Kepala Dinas Dikpora juga mengapresiasi kegiatan yang luar biasa ini dan berjanji akan berusaha memfasilitasi kebutuhan APSI pada masa mendatang. Beliau menghimbau kepada para pengawas dan guru agar tetap melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Lebih lanjut Kadinas mengharapkan di era pandemi ini pembelajaran tetap bisa berlangsung semaksimal mungkin meskipun pelaksanaannya melalui online/daring dan/atau belajar jarak jauh.