SMP Negeri 2 Pengasih: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Negeri 2 Pengasih, Kabupaten Kulon Progo dilakukan secara tatap muka. Meski begitu, pihak sekolah membatasi jumlah peserta didik baru yang hadir dengan membagi jadwal MPLS. Selain itu, sekolah juga sangat ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Dimulai dari pemeriksaan suhu badan oleh petugas di gerbang sekolah, kemudian mencuci tangan di tempat yang telah disiapkan di banyak titip di SMP Negeri 2 Pengasih. Peserta didik juga diwajibkan mengenakan masker dan tetap menjaga jarak. Bahkan di dalam ruang kelas hanya diisi 10 sampai 11 peserta didik dengan mengatur jarak tempat duduk minimal 1 meter. Berbagai upaya tersebut dilakukan guna menghindari penyebaran covid-19.

MPLS yang dilakukan selama dua hari (13 dan 14 Juli 2020), dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 11.00 dengan pembagian jadwal hari Senin, 13 Juli 2020 untuk kelas 7A dan 7B. Sementara hari Selasa, 14 Juli 2020 untuk kelas 7C dan 7D. Kegiatan diawali dengan apel, perkenalan bapak ibu guru, pemberian materi di dalam kelas berupa pencegahan covid-19 dan pengenalan BDR.  Di akhir sesi peserta didik akan diajak berkeliling sekolah. Hal ini dilakukan agar setiap peserta didik mengenal lingkungan sekolah yang akan digunakan .di kemudian hari. Peserta didik baru juga diajak ke perpustakaan untuk meminjam buku, sebagai salah satu sumber belajar selama BDR. Semua dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Margiyanto, S. Pd. selaku Kepala SMP Negeri 2 Pengasih dalam apel MPLS selalu menekankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan.  Meski berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan antusisame peserta didik baru dalam melaksanakan kegiatan MPLS.