Pekik “Merdeka” Dalam Penyerahan Piagam Penghargaan Lolos Seleksi Paskibraka Tahun 2020

Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo melalui Seksi Kepemudaan menyelenggarakan acara serah terima piagam penghargaan lolos seleksi paskibraka tahun 2020 dan surat pembatalan paskibraka tahun 2020 bertempat di Aula Adikarta Komplek Pemkab Kulon Progo, Kamis (6/8). Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo, Kepala Dinas Dikpora, perwakilan dari Kodim 0731/Kulon Progo, Kepala Kesbangpol, Staf Ahli Bupati Bidang Kesra dan SDM, Tim seleksi paskibraka, PPI Kabupaten Kulon Progo, Kepala Sekolah dari peserta lolos seleksi paskibraka, dan Peserta lolos seleksi paskibraka tahun 2020.

Kepala Dinas Dikpora, Arif Prastowo, S.Sos., M.Si. dalam laporannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat pada pelaksanaan seleksi paskibraka tahun 2020. Meskipun pada akhirnya, peserta yang lolos seleksi tidak dapat melaksanakan tugas dalam pengibaran bendera yang dilaksanakan pada upacara HUT RI ke 75 pada tahun 2020 dikarenakan masih pada situasi pandemi covid-19.

“Kami sangat mengapresiasi peserta lolos seleksi paskibraka tahun 2020 ini, semoga kalian tetap semangat, selalu menjaga protokol kesehatan dan menjadi role model bagi semua orang di masa pandemi seperti ini”, ungkaprnya.

Dalam acara tersebut, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo menggelorakan pekik “merdeka” sambil mengepalkan tangan ke atas kepada semua yang hadir saat mengawali sambutan yang membuat energi semangat muncul

Dalam sambutannya, Drs. H. Sutedjo mengucapkan terimakasih kepada Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo dan unsur terkait, sehingga pelaksanaan seleksi paskibraka tahun 2020 berjalan dengan baik dan lancar. Anggota paskibraka yang lolos seleksi merupakan pemuda pemudi yang terpilih dan harus bangga karena telah melewati semua proses yang tentu saja tidak semua orang memiliki kesempatan tersebut.

“Kami yakin rangkaian proses seleksi ini akan menjadi pengalaman hidup yang berguna dalam kehidupan Anda semua”, tuturnya.

Akibat adanya situasi pandemi covid-19 ini, maka penyelenggaraan upacara HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 dengan sangat terpaksa dilaksanakan dengan cara sederhana dan minimalis. Hal itu didasarkan pada Surat Edaran dari Menteri Sekretaris Negara No. B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tentang Pedoman Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, sehingga kegiatan paskibraka terpaksa harus dihentikan. Namun seleksi yang telah dilaksanakan dan diikuti akan sangat berguna bagi diri kalian dimasa yang akan datang. Bagi kalian yang lolos seleksi, kalian telah berkesempatan mendapatkan kepercayaan dan tanggung jawab yang besar dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Ada ungkapan, sesungguhnya nilai seseorang itu terletak pada kepercayaan dan anak-anakku sekalian tahun ini telah mendapat kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk melaksanakan tugas menjadi paskibraka. Meskipun kegiatan paskibraka terpaksa dihentikan, namun Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengucapkan terimakasih baik kepada pihak sekolah, tim seleksi, maupun adik-adik PPI terlebih kapada semu pihak pemuda Kulon Progo yang telah lolos seleksi paskibraka tahun ini, semoga kalian semua dapat mengukir prestasi pada bidang-bidang lainnya dan membawa nama harum Kabupaten Kulon Progo”, tambahnya.