Semarak Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Kabupaten Kulon Progo Ke-37

Rabu (9/9) Dinas Dikpora selenggarakan peringatan Hari Olahraga Nasional ke-37 tahun 2020 Kabupaten Kulon Progo bertempat di Kawasan Stadion Cangkring, Wates, Kulon Progo.

Peringatan HAORNAS diawali dengan apel pagi yang dihadiri oleh Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo (pembina apel), Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana, Ketua DPRD Kab. Kulon Progo Akhid Nuryati, Forkopimda Kabupaten Kulon Progo, Direktur Bank BPD DIY Cabang Wates, KONI Kab. Kulon Progo, FORMI Kab. Kulon Progo, Pengurus seluruh cabang olahraga di Kabupaten Kulon Progo, Kepala Dinas Dikpora Arif Prastowo, S.Sos., M.Si. beserta jajarannya, dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya pada apel, Kepala Dinas Dikpora Arif Prastowo, S.Sos., M.Si. menyampaikan hal-hal yang dilaksanakan pada Peringatan HAORNAS di Kabupaten Kulon Progo di masa pandemi.

“Bahwa, kami laporkan ke Bupati yang pertama, untuk even di Kulon Progo ditunda bahkan dibatalkan karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan, antara lain PORKAB yang seharusnya diadakan pada bulan September 2020 ditunda dan akan dilaksanakan insyaAllah pada tahun 2021, kemudian PORDA dilakukan tahun 2022. Selain itu, even di Kulon Progo seperti Lari Manunggal, Kejurkab, dan even lain di Kabupaten juda ditiadakan. Kedua, telah dilaksanakan Pelatkab dan sudah dimulai beberapa cabang olahraga tertentu yaitu untuk persiapan PORDA tahun 2022, sehingga tahun ini yang dilakukan oleh KONI adalah Pelatkab secara mandiri. Kemudian yang ketiga, dalam rangkaian HAORNAS telah dilaksanakan lomba foto ekspresi olahraga untuk jenjang SD dan SMP, penanaman pohon perindang di Kawasan Stadion Cangkring, sarasehan berupa evaluasi sekaligus refleksi pelaksanaan Pelatkab cabang olahraga yang diproyeksikan mendapatkan emas di PORDA 2022 yang telah dilaksanakan di gedung KONI”, tuturnya.

Dalam apel juga diadakan pemberian hadiah kepada pemenang lomba foto ekspresi olahraga dalam rangka peringatan HAORNAS ke 37 tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2020 yang diikuti oleh 307 peserta dari jenjang SD dan 72 peserta dari jenjang SMP. Dengan hasil, untuk jenjang SD: juara I Fardhan F Nur Wahid (SD N Pergiwatu Sentolo), juara II Juwandita Putri Alifa (SD IT Budi Mulyo Sentolo), dan juara III Lydiya Longley Dewi S S (SD Marsudirini ST. Theresia Boro Kalibawang) dan untuk jenjang SMP: juara I Pradenta Arum Sari (SMP N 3 Wates), juara II Abdi Zufar Mu’afa (SMP N 4 Wates), dan juara III Muhammad Rabel (SMP N 1 Temon).

Setelah acara apel selesai, dilanjutkan dengan acara penanaman pohon perindang di Kawasan Stadion Cangkring. Penanaman pohon diawali oleh Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo, yang kedua oleh Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Akhid Nuryati, kemudian yang ketiga oleh Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana, dan dilanjutkan serentak oleh tamu undangan lainnya.