SLI Kulon Progo Borong Piala Kompetisi Literasi Nasional

Kompetisi Literasi Nasional adalah sebuah program dari Departemen Jaringan Sekolah  Indonesia(JSI)-Dompet Dhuafa Pendidikan yang diperuntukkan bagi penerima manfaat dan relawan program JSI. Kompetisi diadakan dalam rangka menyambut Hari Aksara Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September 2020.

Ketentuan umum Kompetisi Literasi Nasional yaitu: peserta adalah siswa, guru, kepala sekolah/madrasah dan relawan literasi dampingan JSI-Dompet Dhuafa Pendidikan(Program SLI, SJLI, Perpustakaan Gemari Baca, KOMED, TBM, Duta Gemari Baca, Si Moba, dan Asosiasi Konsultan), peserta mendaftar melalui tautan https://linktr.ee/Aksara2020, bersifat individu, peserta tidak dipungut biaya, seluruh peserta mendapatkan e-sertifikat, setiap kategori lomba akan dipilih 3 terbaik, pengu

Ada 4 kategori lomba dalam Kompetisi Literasi Nasional ini, yaitu:1) Kategori pelajar (Lomba membaca puisi), 2) Kategori Guru/Pengelola TBM (Lomba Mendongen), 3) Kategori Kepala Sekolah/Madrasah  (Lomba menulis), 4) Kategori Relawan Literasi (Lomba menulis).

Lomba membaca puisi dengan ketentuan: peserta adalah pelajar di sekolah/madrasah/TBM/ Si Moba dampingan JSI-DD Pendidikan, setiap sekolah maksimal hanya 3 yang didaftarkan, bertema bebas tidak mengandung SARA, puisi boleh karya sendiri atau orang lain, durasi video maksimal 5 menit.

Lomba mendongeng diikuti oleh guru/pengelola TMB dampinan Program JSI, setiap sekolah/madrasah/TBM maksimal 3 peserta, tema bebas tidak mengandung SARA, video mendongeng maksimal 7 menit.

Lomba menulis bagi kepala sekolah/madrasah dampingan program JSI- Dompet Dhuafa Pendidikan dengan ketentuan: tulisan merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan maupun diikutsertakan dalam kompetisi lain, tema tulias”Praktik Baik Literasi di Sekolah/Madrasah”, tulisan minimal 500 kata.

Timeline Kompetisi Literasi Nasional tanggal 1-8 September pengumpulan karya, 9-13 September penilaian, dan tanggal 14 September pengumuman kejuaraan.

Berdasarkan hasil pengumuman kejuaraan yang disampaikan oleh panitia tanggal 14 September 2020 SLI Kulon Progo memborong  kejuaraan. Kategori lomba membaca puisi ada 3 peserta dari SLI Kulon Progo yang mendapatkan kejuaraan, yaitu: juara 1 Billkand Sajuan Gradelif (MIN 2 Kulon Progo), juara 3 Tsaqif Nafisa Althajiana (SD N Giripeni), dan juara harapan 2 Alantina Navida N (SD N Karangwuni). Kategori lomba mendongeng ada satu peserta yang mendapat juara, yaitu Budiyati (SDN 2 Sentolo). Kategori lomba menulis praktik baik literasi di sekolah ada 3 peserta, yaitu; juara 1 Aryati (SD N Karangwuni), juara 3 Rujito (MI Muh Kentheng), juara harapan 1 Harni Astuti (SD N Giripeni).

Keberhasilan ini tentu saja bukanlah hasil akhir dari sebuah karya, akan tetapi merupakan awal perjuangan untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di Kulon Progo dan umumnya di Indonesia.

“Salam Literasi Kulon Progo, Menyatu…menyatu...luar biasa…menyatu…menyatu…istimewa”.

Penulis: Ketua Korwil Inspirasi Kulon Progo (Aryati, S.Pd.)