Guru SD Negeri 2 Sentolo Raih Juara 3 Mendongeng Kompetisi Literasi Nasional

Sentolo (SD Negeri 2 Sentolo). Budiyati, S.Pd. guru kelas II SD Negeri 2 Sentolo meraih juara 3 dalam Lomba Mendongeng Kompetisi Literasi Nasional yang diselenggarakan Departemen Jaringan Sekolah  Indonesia (JSI)-Dompet Dhuafa Pendidikan. Kompetisi diadakan dalam rangka menyambut Hari Aksara Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September 2020.

Kategori lomba dalam Kompetisi Literasi Nasional ini, ada 4, yaitu: 1) Kategori pelajar (Lomba membaca puisi), 2) Kategori Guru/Pengelola TBM (Lomba Mendongeng), 3) Kategori Kepala Sekolah/Madrasah  (Lomba menulis), 4)Kategori Relawan Literasi (Lomba menulis). Timeline Kompetisi Literasi Nasional tanggal 1-8 September pengumpulan karya, penilaian 9-13 September 2020, dan tanggal 14 September  2020 pengumuman kejuaraan.

Peserta lomba adalah siswa, guru, kepala sekolah/madrasah dan relawan literasi dampingan JSI-Dompet Dhuafa Pendidikan (Program SLI, SJLI, Perpustakaan Gemari Baca, KOMED, TBM, Duta Gemari Baca, Si Moba, Asosiasi Konsultan).

Lomba mendongeng diikuti oleh guru/pengelola TMB dampinan Program JSI-Dompet Dhuafa Pendidikan. Setiap sekolah/madrasah/TBM maksimal 3 peserta, tema bebas tidak mengandung SARA, video mendongeng maksimal 7 menit. Pengumpulan video maksimal. Selasa, 8 September 2020. Selanjutnya video dikirimkan melalui email sekolahliterasi,id@gmail.com. Video mendongeng juga diunggah ke media sosial sekolah/madrasah/TBM atau pribadi dengan  menandai akun facebook,Ig Dompet Dhuafa Pendidikan, Ig dd_pendidika, sekolahliterasi_id, gemari baca dan tandai 3 teman.

Sesuai ketentuan di atas, SD Negeri 2 Sentolo mendaftarkan  2 orang guru sebagai peserta, yaitu Alfiah, S.Pd.SD, guru kelas I dan Budiyati, S.Pd. guru kelas II. Kepala Sekolah memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk mengembangkan potensi secara maksimal. “Bapak/Ibu, marilah saatnya kita menunjukkan, bahwa kita mempunyai potensi yang hebat” motivasi yang selalu disampaikan oleh Ibu Juniarti selaku Kepala Sekolah.

Informasi hasil pengumuman kejuaraan lomba mendongeng baru kami ketahui tanggal 14 September 2020 malam, yang disampaikan oleh Kawan SLI(Wahyu Widiyawati). Adapun juaranya adalah sebagai berikut: Juara 1(Ammy Kudo dari Komed Bandung), juara 2(Sri Fatmawari dari SD Waringin Bogor-Perpustakaan Gemari Baca), juara 3(Budiyati,dari SD Negeri 2 Sentolo, Kulon Progo – SLI), harapan 1(Dea Faradika Azri dari MIS Azrina – SLI), dan harapan 2(Lilis Dwi Sumarni dari MI Ma’arif Garongan Jogja, Perpustakaan Gemari Baca).

Budiyati, S.Pd. menyampaikan tentang isi dongeng yang dibawakannya “Dongeng Timun Emas sangat bagus, bisa untuk pembelajaran, dan contoh bahwa hidup tidak boleh serakah serta kejam,  seperti raksasa yang akan menghancurkan hidupnya sendiri dengan sifatnya. Sebaiknya selalu bersyukur seperti Mbok Randa, meskipun hidup sebatangkara ia selalu berusaha hidup dengan senang hati dan sangat sayang kepada putrinya meskipun bukan anak sendiri, namun tetap berusaha melindunginya”.

Budiyati, S.Pd menyampaikan rasa syukur “Alhamdulillah  terima kasih kepada kepala sekolah, SLI dan Dompet Dhuafa Pendidikan yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk sedikit berkarya dengan bimbingannya. Meskipun karya jauh dari kesempurnaan, terima kasih yang tiada terhingga, semoga karya dongeng ini bermanfaat dan menambah semangat belajar, semakin senang membaca dan berkarya. Semoga Program SLI selanjutnya semakin bagus dan lebih ,menarik dengan progam-progam baru dan sangat memotivasi.”

Juniarti Siti Djauharotul MS., S.Pd  selaku kepala sekolah mengucapkan terima kasih juga mengapresiasi kepada guru, siswa, orang tua dan para sahabat atas doa dan dukungannya sehingga SD Negeri 2 Sentolo dapat berpartisipasi dalam rangka Hari Aksara Internasional. “Selamat kepada Bu Budiyati, S.Pd atas prestasi yang diraih. Kepada peserta lain yang belum meraih kejuaraan agar terus bersemangat, berjuang dan berkarya. Tetap Bahagia, Berlanjut, Berbagi”

Kompetisi bukan semata-mata soal menang dan kalah juga bukan seberapa nilai hadiah.  Kompetisi adalah tentang semangat pantang menyerah dan tentang belajar yang tak kenal lelah. “Teruslah belajar berkarya menggali potensi diri, berbasis literasi untuk meraih ridlo Illlahi ,”

Salam SLI Kulon Progo. Menyatu menyatu luar biasa. Menyatu menyatu istimewa.

Salam Semangat.                                                                                             

Salam Sehat

 

Penulis: Kepala Sekolah SD 2 Sentolo (Juniarti Siti Djauharotul MS., S.Pd.)

#lawancovid-19

#pakaimasker

#rajincucitangan