Bulan Imunisasi Anak Sekolah Tahap 2 di SD Negeri 2 Sentolo

Sentolo (SD Negeri 2 Sentolo) mengikuti program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tahap 2 yang dicanangkan oleh pemerintah. Dasar Kebijakan Program Imunisasi di DIY adalah Pemerintah wajib memberikan imunisasi lengkap kepada setiap bayi dan anak. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Imunisasi, UU Kesehatan No. 36 Tahun 2009. Setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan ketentuan untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat dihindari melalui imunisasi, dan Instruksi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No. 3/Instr/2013 Tentang Penyelenggaraan Lima Imunisasi Dasar Lengkap Dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah.

Imunisasi tahap 2 dilaksanakan SD Negeri 2 Sentolo bekerja sama dengan Puskesmas Sentolo 1 Kapanewon Sentolo pada Jumat (13/11). Teknik pelaksanaan sesuai Prosedur Operasional Standar (Protokol Kesehatan)  kedatangan warga ke sekolah. Warga dan tamu yang hadir sudah menggunakan masker dan petugas dari Puskesmas dilengkapi face shielt. Kehadiran siswa dan orangtua disambut  petugas Satgas Covid-19, suhu diukur dengan termogun, setelah cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Kemudian data suhu dan kondisi kesehatan siswa dicatat di buku oleh petugas. 

Imunisasi tahap 2 diikuti oleh siswa kelas I sebanyak 20 siswa, siswa kelas II sebanyak 22 siswa, serta kelas V sebanyak 24 siswa.  Siswa kelas II  sebanyak 2 anak dan kelas V, 2 anak  tidak masuk karena sakit. Kehadiran siswa diberikan jeda waktu untuk menghindari kerumunan. Petugas BIAS dari Puskesmas sebanyak 4 orang. Wahyu Windarti, A.Md.Keb,. Efin Herawati, A.Md.Keb, sebagai petugas imunisasi. Ismiyarti sebagai petugas skrening kesehatan, dan Marsilah sebagai petugas yang menangani administrasi kesehatan siswa.

Jenis imunisasi yang diberikan untuk kelas I adalah DT (Dipteri Tetanus), kelas II, dan kelas V adalah Tetanus Dipteri). Tujuan diberikannya imunisasi DT adalah untuk mencegah penyakit dipteri dan tetanes. Sedangkan diberikannya imunisasi TD merupakan lanjutan pemberian saat balita, kelas, I, kelas II, dan kelas V. Status 5 kali pemberian imunisasi dengan harapan siswa sudah mendapatkan perlindungan terhadap penyakit tersebut untuk 25 tahun mendatang.

Pelaksanaan imunisasi dilakukan secara bergantian. Siswa didampingi orangtua, di data kondisi kesehatannya oleh petugas diantaranya nama, kondisi sakit bawaan, apakah ada alergi, serta kondisi sekarang. Pertanyaan tentang sakit Covid-19 juga ditanyakan yaitu tentang apakah ada keluarga dan  tetangga yang sakit Covid-19. Setelah pendataan dilakukan skrening kesehatan dan imunisasi. Imunisasi dilakukan satu persatu sesuai protokol kesehatan dengan harapan keluarga besar SD Negeri 2 Sentolo selalu terjaga kesehatannya. Setelah diimunisasi siswa diminta beristihat selama 30 menit untuk mengetahui adanya reaksi atau tidak setelah pemberian imunisasi. Apabila ada reaksi akan diberikan obat, apabila tidak ada reaksi siswa diperbolehkan pulang. Alhamdulillah imunisasi berjalan lancar, di keluarga  dan lingkungan rumah tidak ada yang sakit Covid-19. Siswapun tidak ada yang mengalami reaksi negatif setelah diimunisasi.

Kesan dan pesan dari petugas imunisasi (Wahyu Windarti, A.Md.Keb.), pelaksanaan imunisasi tahap 2 berjalan lancar. Penyelenggaraan program imunisasi dilaksanakan oleh pemerintah, swasta dan masyarakat. Masyarakat dalam hal ini orang tua seyogyanya mendukung kegiatan BIAS yang diberikan secara cuma-cuma oleh pemerintah. Sehat adalah sebuah kenikmatan. Mencegah sebelum datang penyakit lebih baik.

Kepala sekolah (Juniarti Siti DMS) sangat bersyukur karena kesadaran orang tua mengijinkan anaknya diimunisasi prosentase mencapai 100%. Orang tua mendukung program pemerintah pemberian imunisasi kepada anak sekolah. Mari cegah Covid-19#ikuti protocol kesehatan#. (Juniarti Siti DMS., S.Pd.SD).