Guna Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kulon Progo, Dikpora Adakan Seminar dan Lomba Plan Bisnis

Senin (16/11), Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo Arif Prastowo, S.Sos., M.Si. membuka secara langsung Seminar dan Lomba Perencanaan Bisnis Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Kulon Progo bertempat di Gedung Sadewa Dinas Dikpora Unit 1. Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Rusdi Suwarno, S.IP., M.M., dan Kepala Seksi Olahraga Widodo, S.IP., dan Kepala Seksi Kepemudaan Syafridah Yasin, S.Pd., M.Pd. Seminar diikuti oleh 16 tim dengan setiap tim terdiri dari 3 orang yang berasal dari SMA/SMK/MA se-Kabupaten Kulon Progo.

Pemateri I Suharyanto, S.E. (Dirut Perumda Aneka Usaha) menyampaikan materi tentang Potensi Industri Kreatif di Kulon Progo dan Pentingnya Kewirausahaan bagi perekonomian Kabupaten Kulon Progo. Dilanjutkan dengan pemateri II Dina Qoyimah (Forum Pemuda Pelopor DIY) menyampaikan materi tentang Perencanaan Usaha Kreatif dengan pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Menganalisis peluang usaha sampai dengan penentuan produk, pengelolaan keuangan, serta pemasarannya.

Seminar dan lomba perencanaan bisnis mengambil tema “optimalisasi potensi pelajar SMA/SMK/MA dalam rangka memajukan perekonomian Kabupaten Kulon Progo melalui ekonomi kreatif”, sehingga diharapkan peserta termotivasi untuk berwirausaha dan pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kulon Progo.

Seminar dan lomba perencanaan bisnis juga akan diadakan di tingkat pemuda/mahasiswa pada Rabu-Kamis (18-19/11), dilanjutkan di tingkat Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) pada Selasa-Rabu (24-25/11) bertempat di Gedung Sadewa Dinas Dikpora Unit 1.