Puskesmas Pengasih 1 dan SD Muhammadiyah Girinyono Laksanakan Imunisasi Tahap 2

Kapanewon Pengasih, SD Muhammadiyah Girinyono pada Selasa, 17 November 2020 melaksanakan kegiatan sekolah di bidang kesehatan yang bekerja sama dengan Puskesmas Pengasih 1, yaitu program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) tahap 2. Program BIAS dilaksanakan  mendasar pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi, serta Undang-Undang Kesehatan No. 36 Tahun 2009 bahwa setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan ketentuan untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat dihindari melalui imunisasi. Apalagi dalam masa Pandemi Covid 19 ini kita harus pandai untuk  menjaga daya tahan tubuh dengan banyak mengkonsumsi  buah dan sayur serta beristirahat yang cukup, untuk siswa sekolah mengikuti imunisasi di sekolah merupakan salah satu upaya menjaga tubuh terhadap suatu penyakit. Meskipun dalam masa pandemi Covid 19 imunisasi tahap 2 tetap dilaksanakan tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan yakni 3 M, (1) mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, (2) menggunakan masker, (3) menjaga jarak atau social distancing. 

Dalam pelaksanakan imunisasi yang perlu disiapkan pertama kali adalah pensterilan tempat yang akan digunakan imunisasi dengan disemprot menggunakan disinfektan kemudian pengukuran suhu memakai termogen kepada semua yang hadir, wali murid, siswa dan petugas dari Puskesmas Pengasih 1. Bapak Winarto dari petugas Puskesmas memberi penjelasan kepada wali murid dan siswa setelah imunisasi dilakukan observasi selama 30 menit, jika tidak ada reaksi atau gejala misalnya kejang-kejang atau yang lain, maka siswa bisa diperbolehkan pulang, setelah dirumah siswa  disarankan untuk istirahat yang cukup, minum air hangat jangan minum es serta makan makanan yang sehat dan bergizi agar vaksin imunisasi dapat bekerja dengan baik di dalam tubuh, itulah mengapa siswa dilarang untuk minum es apalagi yang dibuat dengan air yang mentah.

Imunisasi tahap ke 2 ini untuk kelas I yaitu imunisasi DT (Dipteri Tetanus), Kelas II dan kelas V imunisasi Td (Tetanus Dipteri). Imunisasi Dipteri Tetanus diberikan agar siswa terhindar dari penyakit Dipteri dan Tetanus, sedangkan Imunisasi Tetanus Dipteri merupakan kelanjutan iminisasi pada saat masih balita. Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Girinyono (Suwartini, S.Ag., M.Pd.) mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan imunisasi tahap 1 dan tahap 2 ditahun 2020 ini dapat berjalan dengan lancar, hal ini berkat kerja sama yang baik antara fihak sekolah dengan Puskesmas Pengasih 1.

Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada guru dan karyawan yang telah menyiapkan tempat dan peralatan, wali murid yang telah mendukung dengan mengantarkan siswa serta fihak petugas Puskesmas pengasih 1 yang telah sabar memberikan imunisasi kepada siswa kelas  I,II dan V sebanyak 38 siswa. Meskipun ada siswa yang berontak dengan kesabaran petugas sehingga siswa tersebut dapat teratasi dengan diberikannya imunisasi.  Dengan pelaksanaan imunisasi tahap 1 dan tahap II dengan berjalan dengan lancar, tidak ada yang susulan dan  100 % siswa dan mengikutinya. Mudah-mudahan kegiatan di tahun yang akan datang juga bisa berjalan dengan baik. Mari kita semua menjaga kesehatan dengan meningkatkan imun dan iman kita agar tetap sehat  di masa Pndemi Covid 19. Semoga wabah ini segera berakhir dan kita bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan aman. (Suwartini).