Goresan Penaku Wujudkan Karyaku

Lomba menulis tegak bersambung “Goresab Penaku Wujudkan Karyaku” merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh Inspirasi SLI Kulon Progo (Ikatan Pemimpin Sekolah Literasi Indonesia). Panitia kegiatan lomba menulis tegak bersambung adalah guru model SLI. Pelaksanaan lomba menulis tegak bersambung pada Selasa, 27 Oktober 2020 dengan waktu pelaksanaan 08.00- 10.45 WIB. Peserta lomba menulis tegak bersambung ini ditujukan pada jenjang kelas bawah dengan perwakilan 2 orang siswa dari masing- masing sekolah. Sekolah kami SD Negeri 1 Kulwaru mewakilkan dua orang siswa terbaik yang terpilih melalui tahap seleksi tingkat sekolah yaitu Khairunnisa ‘Aathifah dan Nadylla Alfaria Eka Ramadhani.

Nadylla Alfaria Eka Ramadhani, siswa kelas III SD Negeri 1 Kulwaru Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo berhasil meraih juara I pada Lomba Menulis Tegak Bersambung yang diselenggarakan oleh Inspirasi SLI Kulon Progo. Dalam rangka memperingati bulan bahasa dan upaya melatih siswa dalam keterampilan menulis tegak bersambung, Inspirasi SLI Kulon Progo menyelenggarakan Lomba Menulis Tegak Bersambung, bagi siswa kelas 1, 2, dan 3 SD/MI di wilayah Kabupaten Kulon Progo yang tergabung dalam Sekolah Literasi Indonesia dampingan Dompet Dhuafa Pendidikan. Kegiatan lomba dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Oktober 2020 dengan tema “Goresan Penaku Wujudkan Karyaku”. Lomba Menulis Tegak Bersambung ini diikuti oleh 10 sekolah binaan SLI, dan setiap sekolah mengirimkan dua orang peserta lomba.

Mengingat masih dalam masa pandemi covid 19, maka peserta lomba melaksanakan kegiatan di sekolah masing-masing dengan mematuhi protokol kesehatan. Kemudian guru mengirimkan video proses menulis tegak bersambung dan foto hasil tulisan tegak bersambung dari masing-masing peserta lomba kepada panitia lomba.

Menulis adalah salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa, khususnya siswa jenjang SD/MI Kelas bawah, selain kompetensi menyimak, membaca, dan berbicara. Menulis juga dapat menuangkan ide, gagasan, dan pikiran siswa. Salah satu keterampilan menulis adalah menulis tegak bersambung. Dalam menulis tegak bersambung ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan dan juga diperlukan ketelitian dan kesabaran, dengan adanya Lomba Menulis Tegak bersambung dari SLI ini diharapkan dapat menambah motivasi dan semangat siswa dalam kegiatan literasi. (Yuliningsih, S.Pd. SD)