Pengukuran Awal MT School Jadi Momentum Awal Berkemajuan Pada Sepuluh Sekolah/Madrasah

Kulon Progo (MIMUHGA) – Demi keberhasilan suatu proses pendidikan perlu adanya suatu kegiatan memajukan baik bagi sekolah maupun para pendidik di dalamnya. Salah satunya dengan adanya program Moral Technology School (MT School) yang merupakan suatu program untuk meningkatkan performa sekolah dan pendidik berbasis literasi digital dengan pendekatan moral. Dari beberapa sekolah di kapanewon Temon dan Panjatan yang mendaftar terpilih 10 sekolah yang berhak menerima program MT School tersebut. MI Muhammadiyah Garongan (Mimuhga) merupakan salah satu madrasah yang terpilih menerima program tersebut.

Siti Nurhayati, M.S.I selaku kepala MI Muhammadiyah Garongan menyatakan :  “ Senang madrasahnya dapat mendapatkan manfaat dari program MT School tersebut dan harapanya  kegiatan pengukuran awal ini kami jadikan momentum untuk berkemajuan demi mewujudkan pendidikan  anak-anak yang mampu menghadapi tantangan zaman”  sambutan kepala saat presentasi yang dilaksanakan pada Senin (15/03/2021) pagi di Ruang Perpustakaan.

Pada kegiatan awal pengukuran ini Mimuhga dikunjungi oleh  salah satu consultan dari MT School yaitu  Putri Ria Utami, S. KPm  dan  kepala sekolah   SDN Gotakan Padmi Andarini, S.Pd . Tim tersebut melakukan pengamatan , wawancara, diskusi tiga materi metode uswah dari MT School yakni :  kepemimpinan sekolah , budaya sekolah dan system pembelajaran. Jadwal pengukuran awal sekolah/madrasah dari tanggal 8 s.d 17 Maret 2021 setiap satu sekolah satu consultan dari tim MT school dan satu kepala sekolah/madrasah sebagai Observer.

“Kegiatan pengukuran awal ini adalah salah satu jadwal program MT School yang dilalui oleh sepuluh sekolah/madrasah yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan yang diikuti sepuluh kepala sekolah dan sepuluh guru oleh TIM MT Shool yakni; Putri Ria Utami, S.KPm, Irfa Ramadhani,M. B.A, Wahyu Widiyawati, S.Pd tentang materi tersebut pada hari selasa tanggal  2 Maret 2021 lalu di SD Panjatan “ sambutan dari Putri salah satu tim

“Kegiatan ini memberikan wawasan kami kepala sekolah dalam sharing pengelolaan sekolah yang baik dan dapat besilaturahmi di Mimuhga setelah senin tanggal 8 Maret 2021 lalu kami sharing juga tentang SD Gotakan “ Ucap Padmi Andarini, S.Pd Kepala Sekolah SD Negeri Gotakan

Tidak hanya itu saja, pada kegiatan tersebut juga dilakukan pengamatan secara langsung lingkungan sekolah dan adminstrasi guru yang juga sedang ada kunjungan supervise adminstrasi guru oleh pengawas madrasah Drs. H. Imam Aladin Nur di ruang kelas 6. Di akhir kegiatan juga semua guru dan karyawan di Mimuhga  mengisi kuisioner dengan online tentang pengukuran sekolah dan guru yang diberikan  dari MT School.

“Kami senang mengikuti program kegiatan MT school karena kami dapat pengetahuan dan wawasan tentang pembelajaran seperti; persiapan pembelajaran, proses pembelajaran , dan penilaian pembelajaran sebagai guru semoga menjadi lebih baik lagi setelah mengikuti program MT School tersebut”, kesan Rizti Sholichah, S.Pd salah satu guru mimuhga. (riz/sit)