DIKLAT KOMUNITAS PRAKTISI SMP NEGERI 3 SENTOLO

Komunitas praktisi SMP Negeri 3 Sentolo mengadakan Diklat Pemanfaatan TI dalam pembelajaran berdiferensiasi di masa pandemi. Kegiatan Diklat ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Program Guru Penggerak yang sudah selesai dilaksanakan selama 9 bulan, dimulai dari bulan Oktober 2020 sampai dengan Agustus 2021. Kegiatan Diklat ini dilaksanakan merupakan kolaborasi dari 3 Calon Guru Penggerak SMP Negeri 3 Sentolo yang terdiri dari Ibu Rini Siswanti, S.Pd., M.Psi., Ibu Bernadeta Hesti Lestari, M.Pd. dan Bapak Helmi Sidik Pramana, A.Md. Kegiatan Diklat yang dilaksanakan ini mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sentolo Bapak Drs. Sudaryanto beserta Bapak Ibu Guru dan Karyawan SMP Negeri 3 Sentolo.

Kegiatan Diklat Pemanfaatan TI dalam pembelajaran berdiferensiasi di masa pandemi ini dilaksanakan selama 5 hari, dan dilaksanakan di setiap hari senin mulai tanggal 23, 30 Agustus dan 6, 13, 19 September 2021. Narasumber Diklat ini yaitu Pengawas Sekolah Pembina yaitu Bapak Wiyoto, M.Pd., Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sentolo Bapak Drs. Sudaryanto, 3 Calon Guru Penggerak yaitu Ibu Rini Siswanti, S.Pd., M.Psi., Ibu Bernadeta Hesti Lestari, M.Pd., Bapak Helmi Sidik Pramana, AMd., serta Bapak Dwi Edi Winarto, S.Pd. Materi yang disampaikan meliputi Pembelajaran Berdiferensiasi, Kesepakatan Kelas berbasis Jamboard, Pengembangan Media Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Google meet dan zoom, Pembelajaran Berbasis Google Classroom, Media Pembelajaran berbasis Canva for Edu, Pembelajaran Interaktif berbasis Padlet, Penilaian berbasis Kahoot dan Penilaian berbasis Google form dan quizizz.

Diklat Pemanfaatan TI dalam pembelajaran berdiferensiasi di masa pandemi dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sentolo Bapak Drs. Sudaryanto pada hari Senin tanggal 23 Agustus 2021. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa, dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini Bapak Ibu Guru dituntut untuk meningkatkan kompetensinya dalam menggunakan TI, karena dalam pembelajaran jarak jauh diperlukan kemampuan dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, agar siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu bapak ibu guru diharapkan untuk mengikuti diklat ini dengan sungguh--sungguh sehingga dapat meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan IT untuk pembelajaran.

Salah satu materi yang disampaikan dalam Diklat ini adalah tentang Pembelajaran berdiferensiasi, dimana materi ini diperoleh dari Program Pendidikan Guru Penggerak. Guru dalam pembelajaran harus dapat mengakomodir semua kebutuhan murid dalam pembelajaran. Guru dapat memfasilitasi murid sesuai profil belajar murid (Auditori, Visual dan Kinestetik), minat belajar dan kesiapan belajar, sehingga dalam pembelajaran tersebut semua siswa dapat terlayani sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan murid. Dari pembelajaran berdiferensiasi ini diharapkan akan dapat lebih meningkatkan kemampuan murid sesuai dengan bakat dan minat mereka.

Kegiatan Diklat ini mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo dengan memberikan izin pelaksanaan Diklat dengan No. 890/2260  tertanggal 30 Agustus 2021, sebagai tindak lanjut dari Program Guru Penggerak Angkatan 1 Kabupaten Kulon Progo. (Rini Siswanti_Guru BK SMP Negeri 3 Sentolo)