KOIN-Ku Kolaborasi PPK dan Pengenalan Konsep Numerasi Sejak Dini

KOIN-Ku

Kolaborasi PPK dan Pengenalan Konsep Numerasi Sejak Dini

 

KOIN-Ku (KOIN milikKu anak Kulon Progo) merupakan program unggulan SD IT Budi Mulyo. Program KOIN-Ku bertujuan untuk melatih sikap disiplin dalam hal menyisihkan sebagian uang saku untuk dapat ditabung guna keperluan yang akan datang serta melatih rasa tanggung jawab siswa. Kegiatan ini dilakukan di rumah masing-masing siswa SD IT Budi Mulyo mulai dari kelas I sampai dengan kelas V.

 

Kegiatan KOIN-Ku dimulai dari tahapan sosialisasi kepada wali siswa. Sosialisasi di masa PPKM ini, pihak sekolah hanya mengundang ketua paguyuban kelas I sampai kelas V. Hal ini sebagai pertimbangan meminimalisir terjadinya kerumunan. Adapun yang mengikuti kegiatan sosialisasi adalah ketua paguyuban kelas IA, ketua paguyuban kelas IB, ketua paguyuban kelas IIA, ketua paguyuban kelas IIB, ketua paguyuban kelas III, ketua paguyuban kelas IV, ketua paguyuban kelas V, dan ketua paguyuban kelas VI dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Dalam kegiatan sosialisasi yang dipimpin oleh Ibu Arvianita, S.Pd., disampaikan beberapa bahasan penting mengenai pelaksanaan program KOIN-Ku. Diantaranya adalah mengenai teknis pelaksanaan KOIN-Ku itu sendiri. Adapun teknis yang dibahas meliputi:

  1. Membentuk Kepanitiaan Paguyuban Kelas

Kepanitiaan ini terdiri dari ketua paguyuban, sekretaris, dan bendahara. Ketua paguyuban bertugas menyampaikan informasi-informsi dari pihak sekolah. Sekretaris paguyuban bertugas mencatat jumlah KOIN per masing-masing siswa yang telah dikumpulkan selama satu bulan. Bendahara membawa KOIN ke bank yang disepakati untuk di tabung.

  1. Membuat Rekening

Sekolah memberikan fasilitas pembukaan rekening kepada bendahara paguyuban. kegiatan pembukaan rekening dilakukan pada hari Kamis, 9 September 2021 di kantor Bank BPD DIY yang berlokasi di Serang, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo.

  1. Menyiapkan Botol Plastik Bekas guna menyimpan KOIN

Siswa bekerjasama dengan orangtua untuk menyiapkan botol plastik bekas guna tempat menyimpan KOIN.

  1. Sisihkan uang

Siswa menyisihkan uang jajannya untuk ditabung yang dilakukan setiap hari dengan nominal menyesuaikan kemampuan masing-masing.

  1. Setiap minggu pertama awal bulan setorkan KOIN ke bank

Bendahara menyetorkan KOIN ke bank setelah KOIN semua siswa di kelas tersebut lengkap dan menyerahkan bukti slip tabungan ke sekolah.

Program KOIN-Ku merupakan salah satu kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yaitu: 1) menanamkan sikap berhemat sejak dini, 2) mengenalkan konsep menghitung dasar, 3) mengenalkan konsep numerasi finansial, 4) menumbuhkan kreatifitas memanfaatkan kembali barang bekas.

Pada program pengelolaan anggaran sekolah, kegiatan ini untuk  mengantisipasi banyaknya pengeluaran sebagai konsekuensi padatnya kegiatan siswa di SD IT Budi Mulyo. Adapun kegiatan yang diperkirakan mengeluarkan anggaran cukup besar diantaranya adalah membeli buku, outing Class, khotaman, dan wisuda pelepasan siswa kelas VI dan kegiatan edukatif lainnya.

Harapannya dengan adanya tabungan KOIN-Ku ini siswa memiliki kebiasaan menabung sejak dini. Mengenal konsep numerasi dasar, dan dapat membantu meringankan beban biaya yang dikeluarkan setiap ada program atau kegiatan berbiaya yang diselenggarakan di SD IT BUDI Mulyo. (Arvianita, S.Pd._Guru SD IT Budi Mulyo)