Gladi Bersih ANBK di Puncak Ujung Barat Kulon Progo

Kokap, 14 September 2021. Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 untuk pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia. SMPN 3 Kokap bersama sekolah yang lain di Kulon Progo  mengawali dengan kegiatan simulasi dan gladi bersih. Pelaksanaan simulasi ANBK secara serentak pada akhir bulan Agustus 2021.  Dilanjutkan tahap gladi bersih bekerjasama dengan PUSMENJAR KEMDIKBUDRISTEK pada bulan September 2021.

Gladi bersih ANBK SMPN 3 Kokap dilaksanakan pada gelombang I hari Senin dan Selasa,  tanggal 13 dan 14 September 2021. Pelaksanaan secara mandiri dengan sistem semi online, di ruang Laboratorium Komputer SMPN 3 Kokap. Perangkat utama berupa  komputer client berjumlah 24 unit, dan server 2 unit dalam kondisi baik, didukung oleh jaringan internet. Khusus untuk sinkronisasi dan pelaksanaan,  bandwidth dinaikkan menjadi 10 Mbps oleh penyedia jasa WiFi,. Kegiatan diselenggarakan dalam 1 sesi diikuti oleh 22 siswa dari 24 siswa Kelas VIII yang terdaftar.  

Kegiatan simulasi dan gladi bersih ANBK dengan proktor  Bapak Subari, S.Pd., operator sekolah Bapak Sapta Aris Supriyanta, S.Pd., berjalan lancar tidak ada masalah yang berarti.  Kendala yang kemungkinan muncul adalah jaringan internet yang kurang stabil, dan listrik yang sering padam,  sementara genset belum dapat diupayakan karena keterbatasan dana sekolah.  Hal ini tidak menyurutkan semangat untuk tetap  optimis menyukseskan pelaksanaan ANBK.  

Gladi bersih ANBK diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui permasalahan yang muncul. Sehingga dapat diantisipasi agar ANBK  dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya pihak sekolah memprogramkan bimbingan dan motivasi belajar bagi  siswa dalam menghadapi ANBK dengan semangat “SMP KOGA PASTI BISA”. (Sudamar, S.Pd_Wiwik Sri Suharyanti, S.Pd_SMPN 3 Kokap)