Menuju Pembelajaran Tatap Muka Pelajar SMP N 2 Pengasih Antusias Ikuti Vaksin Drive Thru

Berbeda dengan penyelenggaraan vaksin covid-19 dosis 1 bagi pelajar yang bertempat di Taman Budaya Kulon Progo (TBK) beberapa waktu lalu, vaksin covid-19 dosis 2 bagi pelajar yang dilaksanakan di Stadion Cangkring, Kulon Progo dilaksanakan dengan sistem drive thru. Pemberian vaksinasi melalui sistem ‘Drive Thru’ dilakukan untuk memudahkan, mempercepat dan menghindari terjadinya kerumunan di lokasi tempat pelaksanaan vaksinasi. Sistem drive thru ini memungkinkan peserta vaksin datang dalam kondisi yang siap untuk divaksin dengan proses cepat.

Kegiatan vaksin dosis 2 ini diawali dengan sosialisasi kepada sekolah-sekolah sasaran dan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Penyebarluasan flyer dan link screening mandiri pun disiapkan oleh panitia dengan baik sehingga mudah diakses dan tidak menyulitkan pada saat pelaksanaan vaksinasi.

Kepala SMP Negeri 2 Pengasih, bapak Margiyanto, S.Pd. sangat mendukung kegiatan ini. Selain dari pelaksanaan vaksin drive thru yang dianggap lebih efisien, kegiatan ini juga dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 September 2021 yang merupakan akhir pekan sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran daring.

Pelajar diantar dengan menggunakan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil dan langsung dilayani tanpa harus turun dari kendaraan. Hal ini sangat meminimalisir kontak dengan orang lain. Meskipun peserta didik datang bersama orang tua, pihak sekolah yang terdiri dari perwakilan guru juga turut terjun dan memantau kegiatan vaksinasi pelajar. Hal ini merupakan bentuk dukungan pada program pemerintah dan tanggung jawab terhadap peserta didik SMP Negeri 2 Pengasih.

Jumlah peserta didik SMP Negeri 2 Pengasih yang telah melaksanakan vaksinasi hampir 100%. Harapan besar bahwa akan segera dibukanya sekolah melalui pembelajaran tatap muka menjadi alasan bagi seluruh warga sekolah menuntaskan vaksin sehingga tercipta kekebalan komunitas.

Dalam percakapan singkat dengan Kapolres Kulon Progo, AKBP Muharomah Fajarini yang kebetulan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Stadion Cangkring menyampaikan terima kasih atas dukungan dan antusiasme guru dan peserta didik dalam menyukseskan program vaksinasi pelajar.

“Mudah-mudahan dengan tuntasnya vaksin pelajar di Kabupaten Kulon Progo, sekolah tatap muka bisa segera dibuka, tinggal menunggu keputusan Bupati saja,” ungkap Kapolres Kulon Progo. (Margiyanta_KS SMPN 2 Pengasih)