SMP NEGERI 3 GIRIMULYO MENGADAKAN IHT (IN HOUSE TRAINING) GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING

Rabu dan Kamis, 8-9 September 2021, SMP Negeri 3 Girimulyo yang beralamat di Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo mengadakan kegiatan In House Training (IHT). Semua guru SMP Negeri 3 Girimulyo sejumlah 14 orang mengikuti kegiatan In House Training (IHT) di  ruang TI SMP Negeri 3 Girimulyo.

Acara tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan semua guru SMP Negeri 3 Girimulyo tentang aplikasi teknologi informasi guna mendukung kegiatan pembelajaran daring  di masa pandemi Covid 19.

Pada kesempatan tersebut Sugeng Siswanta,S.Pd.,M.Pd (Kepala SMP Negeri 3 Girimulyo) menyampaikan sambutan pembukaan bahwa sebagai seorang guru kita perlu mengambil hikmah dengan adanya wabah pandemi Covid 19. Wabah pandemi Covid 19 mengharuskan guru untuk mampu berinovasi agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring dapat berjalan lancar dan menarik. Guru perlu banyak belajar tentang aplikasi teknologi informasi guna mendukung keberlangsungan pembelajaran jarak jauh secara daring. Lebih lanjut kepala sekolah menyampaikan bahwa dengan segala keterbatasan dan hambatan dari peserta didik SMP Negeri 3

Para peserta In House Training  (IHT) sangat antusias dalam mengikuti kegiatan IHT dari awal sampai akhir. Bahkan ada sementara peserta IHT yang merasa waktu yang tersedia kurang. Hal ini ditindaklanjuti dengan melakukan tutorial bagi peserta yang masih belum selesai memahami dan belum mampu membuat maupun menggunakan aplikasi.

Pada bagian akhir kegiatan di tutup dengan diadakan refleksi terhadap pelaksanaan kegiatan IHT.  Dalam sambutan penutupan kepala SMP Negeri 3 Girimulyo berharap ilmu yang telah didapatkan dapat diaplikasikan/diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, agar peserta didik tidak jenuh ketika dalam kegiatan pembelajaran menggunakan media dan metode yang bervariasi.  Kita berharap wabah pandemic Covid 19 dapat segera berakhir sehingga pembelajaran tatap muka dapat segera terlaksana.