SD Kanisius Kenteng berlaga di Ki Hajar STEM 2021 Tingkat Nasional

Tahun ini SD Kanisius Kenteng kembali mengikuti kegiatan KiHajar STEM dan mampu melaju hingga tahap final. KiHajar STEM merupakan merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemdikbud yang menjadi wadah eksplorasi untuk peserta didik di satuan pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK/ sederajat dan SILN agar dapat memiliki keterampilan berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah atau project berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Math) melalui pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Anggota Tim KiHaJar STEM SD Kanisius Kenteng 2021 yaitu :

            - Christable Epifania Manuela Patiku (Kelas IV)

            - Gabriel Pandu Adiyatma Irawan (Kelas IV)

            - Nikolas Jalu Prakoso Wibowo (Kelas V)

Dalam kegiatan ini ketiga peserta didik tersebut dibersamai oleh satu guru pembimbing yaitu  Ibu Maria Margiati.

Tahap demi tahap telah dilalui Tim ini sebelum sampai pada tahapan Final, mulai dari :

  • Tahapan Pendaftaran dari tanggal 20 Mei – 26 Juni 2021

          Tahapan ini Tim SD Kanisius Kenteng Nanggulan mendaftar di website :

              https://kihajar.kemdikbud.go.id/stem

  • Tahapan Level Basic tanggal 27 Juni 2021 pkl. 12.30 WIB – 14.30 WIB

              Tahapan ini test dilakukan dengan mengikuti kuis yang diberikan panitia secara online sebanyak 20 soal, dan Tim SD Kanisius Kenteng Nanggulan berada pada urutan/peringkat 3 dari 20 Tim yang mewakili D. I. Yogyakarta yang berhak menuju ke Level Intermediate.

  • Tahapan Level Intermediate tanggal 11 Juli 2021 pkl. 12.30 WIB – 14.30 WIB

       Tahapan ini test dilakukan dengan mengikuti kuis yang diberikan panitia secara online sebanyak 20 soal dan Tim SD Kanisius Kenteng Nanggulan berada pada urutan/peringkat 2 dari 3 Tim yang mewakili D. I. Yogyakarta yang berhak menuju tahapan Final

Saat ini Tim KiHajar STEM SD Kanisius Kenteng telah sampai dan melalui tahapan Final KiHaJar STEM 2021 tingkat nasional yang terdiri dari 3 tahapan :

            - Problem Solving (Video) dari tanggal 25 Juli – 08 Agustus 2021

              Pada tahapan ini Tim KiHaJar STEM SD Kanisius Kenteng mendapatkan tema tentang “Kehidupan di Desa Batang Hijau”, dimana Tim ini diminta untuk membantu permasalahan yang ada di desa Batang Hijau tersebut dengan membuatkan produk berupa PLTA Mini Portable untuk menghasilkan listrik.

            - Video Tema (Video) dari tanggal 15 Agustus – 29 Agustus 2021

              Pada tahapan ini Tim KiHaJar STEM SD Kanisius Kenteng mendapatkan tema tentang “Kehidupan dan Perekonomian”, dimana Tim ini mewujudkannya dalam bentuk produk dengan nama Bligo+ Eco Enzyme yang berfungsi multi guna misalnya bisa sebagai hand sanitizer, sabun, dll

            - Presentasi Tim (Google Meet) dari tanggal 13 September – 17 September 2021

              Pada tahapan ini Tim KiHaJar STEM SD Kanisius Kenteng mempresentasikan hasil/produk dari Video Tema sebelumnya melalui Google Meet yang dihadiri oleh 3 Dewan Juri dari Panitia.

         

Tim KiHajar SD Kanisius Kenteng merupakan salah satu sekolah dari tiga sekolah jenjang SD yang mewakili Provinsi DIY dalam kompetisi KiHajar Stem tahun 2021.Pada kegiatan presentasi tim KiHajar Stem SD Kanisius menggunakan kostum yang menjadi ciri khas Kabupaten Kulon Progo yaitu kostum tari angguk dan sugriwo subali. Saat ini kita sudah melalui seluruh tahapan kegiatan ini dan tinggal menunggu hasil akhirnya. Apapun hasilnya sudah sampai pada tahap ini merupakan prestasi yang luar biasa dan membanggakan.