SEMINAR PGRI CABANG NANGGULAN STRATEGI PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19

Kapanewon Nanggulan (PGRI Cabang Nanggulan) melaksanakan seminar dalam rangka memperingati HUT PGRI ke-76 dan HGN  di SD Negeri 1 Nanggulan. Jumlah peserta seminar total 49 peserta yang terdiri atas guru TK 22 peserta, guru SD 23 peserta, guru SMP 3 peserta, dan Guru SMK 1 peserta. Seminar  dilaksanakan dengan 2 sesi yaitu acara umum dan acara pokok seminar untuk anggota PGRI Cabang Nanggulan. Waktu pelaksanaan mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Tema yang diunggah dalam kegiatan seminar kali ini adalah “Strategi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19.” Ketua PGRI Cabang Nanggulan Tukija,S.Pd., menyampaikan bahwa tema tersebut berdasarkan refleksi para guru di wilayah setempat jika pembelajaran pada masa PTMP yang mulai dilaksanakan banyak mengalami kendala tentang strategi yang akan ditempuh agar pembelajaran sukses dan lebih bermakna , Selasa Legi 16 November 2021.

“Kami memang sengaja memilih tema tersebut untuk membekali pengetahuan, terutama para guru sebagai anggota PGRI dalam menyambut kembali pelaksanaan dari sistem daring ke kondisi luring yaitu tatap muka.” sambung Puji Murniati, S. Pd., sebagai wakil ketua di sela sela pelaksanaan seminar tersebut.”

Nara Sumber yang diundang untuk menyampaikan materi pada seminar meliputi unsur Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, dalam hal ini hadir beliau Bapak Bambang Sidi Rahmanto, S.E., dari unsur PGRI Kabupaten Kulon Progo dihadiri oleh ketua PGRI Kabupaten Kulon Progo Bapak Guryadi, S. Pd., M. Pd. Sedangkan materi seminar utama disampaikan oleh Dr. Drs. Setya Raharja, M. Pd. Beliau adalah nara sumber Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Yogyakarta. Materi pertama dari Bapak Bambang Sidi Rahmanto,S.E. tentang kebijakan pemerintah dalam pendisiplinan pegawai (Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021), Materi Ke-2 dari Bapak Guryadi, S. Pd., M. Pd. tentang Peran PGRI dalam mengembangkan teknologi untuk mewadahi anggotanya  meningkatkan kompetensi profesionalisme guru terutama pasca Pandemi Covid-19. Materi ke-3 dari Bapak Dr. Drs. Setya Raharja,M. Pd. terkait implementasi strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran pasca Pandemi Covid-19.

Lebih lanjut mengenai inti materi dari para nara sumber tersebut bertujuan untuk merefresh lagi kepatuhan guru dalam kedisiplinan pegawai sehingga berimbas pada pembelajaran yang lebih memanusiakan manusia, merdeka belajar tanpa membedakan kondisi dan karakteristik peserta didik dalam naungan organisasi PGRI. Puji Murniati, S. Pd. sebagai moderator dalam kegiatan tersebut juga menjelaskan bahwa pelaksanaan seminar dapat digunakan sebagai sarana menambah pengalaman, saling bertukar ilmu, dan mewujudkan merdeka belajar melalui learning community dalam wadah organisasi PGRI. Mengutip dari yang disampaikan nara sumber, Bapak Setya Raharja “Belajar dalam masa seperti sekarang ini yaitu pasca Pandemi lebih diarahkan pada sistem Hybrid learning. Makna dari hybrid learning adalah peserta didik boleh memilih pembelajaran dengan online atau dengan tatap muka.”Jelasnya.

“Pada sistem Hybrid Learning ini, ada beberapa peserta didik yang tatap muka dan ada yang memilih belajar online, semua dilayani sesuai pilihannya dan tidak ada paksaan artinya mengarah kepada merdeka belajar.” Demikian penjelasannya.

PGRI Cabang Nanggulan berharap dengan adanya kegiatan seminar tersebut, maka pembelajaran pasca Pandemi Covid-19 ini dapat berjalan lancar, aman, nyaman, dan menyenagkan. Hal itu tentunya ditunjang dengan meningkatnya profesionalisme guru, pengetahuan, terutama kreatifitas dan perubahan mind set guru tentang tanggung jawab tugas dan kewajibannya sebagai guru.

 

Acara tersebut menjadi momen yang sangat penting karena diakhiri dengan sesi tanya jawab peserta seminar dengan para nara sumber. Tidak kalah menarik ketua PGRI Kabupaten Bapak Guryadi, S. Pd., M. Pd. berkenan membagikan doorprise buku yang berisi kumpulan jurnal best practice guru-guru hebat. Menutup acara seminar kali ini Tukija, S, Pd. mengatakan dan mengharapkan kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh PGRI Cabang Nanggulan, sehingga visi misi organisasi PGRI dapat tercapai sesuai harapan.

       (Nur Akhadiyah, PGRI Cabang Nanggulan)