“Menumpang”, ANBK SD N Kemukus Berjalan Lancar

Nanggulan (SD N Kemukus) – SD Negeri Kemukus telah melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada hari Senin – Selasa, 15 – 16 November 2021 secara menumpang  yang berjalan dengan lancar dan mengikuti protokol Kesehatan. Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN  adalah  evaluasi  yang dilakukan oleh pemerintah untuk   pemetaan   mutu   sistem pendidikan pada tingkat  satuan pendidikan dasar dan menengah, dengan menggunakan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Asesmen Kompetensi Minimum yang selanjutnya disingkat  AKM adalah pengukuran   kompetensi   peserta   didik   dalam   Literasi   Membaca   dan Literasi Matematika (Numerasi).  Kepala Sekolah SD Negeri Kemukus, Peni Nuryati, S.Pd. meyampaikan bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semi daring sebagai media, untuk menampilkan dan menjawab soal-soal. Hasil ANBK bukanlah untuk menentukan kelulusan peserta didik. 

 

“Dikarenakan jaringan internet di sekolah kami belum stabil, dan fasilitas kurang memadai, maka pelaksanaan ANBK SD Negeri Kemukus dilaksanakan dengan cara menumpang di SMP Negeri 1 Girimulyo, Kapanewon Girimulyo”, ujarnya.

Peserta ANBK sejumlah 11 peserta didik terdiri dari 7 laki-laki dan 4 perempuan. Walaupun dilaksanakan “menumpang” bukan di sekolah sendiri, namun peserta didik terlihat antusias untuk mengikutinnya. Pelaksanaan ANBK SD Negeri Kemukus diawali dengan kegiatan sosialisasi ANBK kepada guru, peserta didik dan orang tua wali. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi, dan juga gladhi bersih pada tanggal 25-26 Oktober 2021 di SMP Negeri 1 Girimulyo.

“Ucapan terimakasih tidak lupa dihaturkan kepada pihak SMP Negeri 1 Girimulyo, terutama kepada Ibu Sri Harini, S,Pd yang telah berkenan membantu dan memfasilitasi kami dalam pelaksanaan ANBK ini. Semoga Kerjasama yang baik ini tetap bisa berlanjut di kemudian hari”, tambahnya.

 (Wahyuni TR, SDN Kemukus)