Perayaan Pesta Demokrasi SMP N 4 Pengasih Berbasis Digital

SMP N 4 Pengasih melaksanakan pesta demokrasi berbasis digital sebagai wujud implementasi dari Pancasila khususnya sila keempat “ kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan” melalui PEMILOS ( Pemilihan OSIS) secara daring mendapatkan persentase suara 66,67%, dengan dua calon kandidat ketua OSIS dan yang terpilih menjadi ketua OSIS masa bhakti 2021/2022 atas nama Muhammad Arif Al Mussyafa. Kegiatan pemilos memiliki nilai positif karena  terdapat nilai-nilai demokrasi, seperti menghormati pilihan yang berbeda dan memberikan ruang yang sama bagi setiap siswa untuk menggunakan hak pilihnya. Selain itu, peserta didik juga dididik untuk menggunakan pertimbangan rasional di dalam melakukan dan menentukan pilihan calon ketua OSIS, sehingga kita harapkan dari pemilos ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin muda yang cerdas, berkualitas dan bertanggung jawab yang dapat membawa kemajuan SMP N 4 Pengasih. Setelah ditetapkannya ketua OSIS melalui pemilos langkah selanjutnya adalah pengukuhan secara serentak oleh Bupati Kulon Progo melalu zoom metting dan dilanjutkan  pelantikan calon pengurus OSIS oleh Kepala Sekolah.

Kegiatan pemilos dimulai dari tahapan sosialisasi terhadap peserta didik, dibantu oleh beberapa pengurus OSIS masa bhakti 2020/2021 untuk membantu jalannya proses pemilos. Hal ini sesuai makna dari demokrasi itu sendiri yaitu  dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa. Adapun yang melaksanakan pesta demokrasi pemilos ini adalah peserta didik kelas VII A, VII B, VIII dan IX, dapat menggunakan haknya untuk memilih calon ketua OSIS sesuai dengan pilihan peserta didik. Untuk menggunakan hak pilih pertama kali yang harus dilakukan adalah  mendaftar akun jendelaku dengan memasukkan NISN dan NPSN. Selanjutnya akan ada beberapa menu seperti profil, video, vote dan hasil. Peserta didik dapat memilih bagian profil untuk mengetahui calon kandidat ketua OSIS dan setelah selesai melihat calonnya dapat memilih vote. Meskipun terkendala oleh sinyal internet pada saat di rumah namun anak- anak sangat antusias melaksanakan  pesta demokrasi ini sehingga mereka datang ke sekolah dan tetap melaksanakan proses pemilihan calon ketua OSIS berbasis digital menggunakan smart phone dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan dan jaga jarak.

Calon pengurus OSIS dilantik oleh Pak H.Ilyasin, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah pada hari Rabu tanggal 10 November 2021 bertepatan dengan upacara peringatan hari Pahlawan dihadiri oleh bapak/ibu guru dan karyawan tenaga pendidik SMP  N 4 Pengasih.  Pelantikan dan serah terima jabatan diawali dengan pembacaan susunan kepengurusan OSIS masa bhakti 2021/2022 dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Kepala Sekolah. Acara selanjutnya penandatanganan berita acara pelantikan serta penyerahan bendera OSIS.  Pengurus OSIS baru sangat bersemangat dalam mengemban tugas program ke-OSIS-an, ditandai dengan gebrakan langkah tegap saat memasuki lapangan upacara dan pengucapan ikrar putra dan putri Indonesia dengan suara yang tegas dilanjutkan dengan pengalungan tali Kecakapan Pitaran Adi. Acara pelantikan OSIS berlangsung dengan khidmat dan sesuai protokol kesehatan. Selamat kepada pengurus OSIS 2021/2022 semoga ke depannya semakin maju dan hebat semua.