SDIT BUDI MULYO MENYELENGGARAKAN OUTING CLASS

SDIT BUDI MULYO MENYELENGGARAKAN Outing Class

Kolaborasi Pendidikan Karakter dan Fun Sciences

 

Program menarik kembali diselenggarakan SD IT Budi Mulyo. Kegiatan diluar ruangan biasa disebut outing class merupakan salah satu program unggulan SD IT Budi Mulyo. Kegiatan outing class kali ini lebih berbeda dari biasanya, yakni kolaborasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan kegiatan praktikum yang seru dan menyenangkan (fun Sciences). Program outing class bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi seorang manusia yang mandiri, berwawasan, berilmu, kreatif dan berbudaya.

 

Kegiatan ini mulai dilakukan pada minggu pertama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Tepatnya hari Jumat tanggal 29 Oktober 2021 di halaman sekolah. Kegiatan diikuti oleh siswa kelas I sampai kelas IV dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

 

Kegiatan outing class diklasifikasikan kedalam beberapa pos. Sedangkan pelaksanaan kegiatannya menggunakan metode rolling pos. Pos  tersebut antara lain:

  1. pos Penguatan Pendidkan Karakter (PPK) yang memuat pengetahuan akhlaq dan kemandirian peserta didik,
  2. pos mengenal lingkungan sekitar (untuk kelas 1),
  3. pos Gardening (untuk kelas 2), dan
  4. pos fun Sciences (untuk kelas 3 dan 4).

 

Tahap awal dimulai dengan mengumpulkan peserta didik di halaman sekolah sesuai jadwal kelas masing-masing. Kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dimulai pukul 07.00 WIB untuk kelas IA (Ar Rahman) dan IIA (Al Kariim) oleh Bu Devy Fangestika, S.  Pd.

Kelas IB (Ar Rahiim) pada pos Mengenal lingkungan sekitar dilaksanakan dengan kegiatan berjalan santai sambil bernyanyi berkeliling desa dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

 

 IIB (Al Jalil) kegiatan di pos Gardening dengan memanfaatkan botol bekas sebagai media tanam. Pada pos ini peserta didik bebas berkreativitas menghias botol melalui perpaduan warna cat. Masing-masing kelas dipandu oleh guru kelas dengan mahasiswa magang 1 sebagai pendamping peserta didik.

 

Gardening

Setelah satu jam seluruh peserta didik diarahkan untuk berpindah pos ditandakan dengan bunyi peluit selama tiga kali.

Kegiatan outing class kelas III (al Qoyyum) diawali dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Pemateri oleh ustad Muhammad Romli, SH pada pukul 09.00 WIB. Sedangkan kelas IV (Al Barru) berpetualang di pos fun Sciences. Pada pos ini terdiri dari 5 pos eksperimen. Pos 1 yaitu eksperimen lilin dalam gelas sebagai pembuktian bahwa pembakaran memerlukan Oksigen (O2).

Pos 2 adalah eksperimen telur tenggelam, melayang dan mengapung sebagai pembuktian bahwa masa benda dipengaruhi oleh masa jenis air.

Eksperimen telur tenggelam, melayang dan mengapung

 

Pos 3 yaitu Balon Ajaib sebagai pembuktian bahwa semakin banyak cuka dan baking soda yang digunakan maka balon akan semakin  membesar.

 

Pos 4 yaitu Air Berjalan sebagai pembuktian bahwa air dapat merambat melalui celah-celah kecil.

Eksperimen Air Berjalan

 

Pos 5 adalah Gradasi Warna sebagai pos menyalurkan kreativitas peserta didik melalui perpaduan warna. Peserta didik diberikan kebebasan untuk mencampurkan beberapa warna hingga menemukan warna baru dalam satu kegiatan.

 

 

 

Satu lagi kegiatan outing class terbaru yaitu percobaan membuat slime. Anak-anak sangat antusias untuk mengikuti dan melakukan percobaan membuat slime. Pada pos ini terlihat keseruan peserta didik untuk membuat dan memainkan slime hasil percobaan yang dilakukan dengan mandiri. Setelah peserta didik melakukan percobaan, peserta didik diminta membuat laporan hasil percobaan. Proses penyusunan laporan dilakukan dengan pendampingan dan monitoring dari bapak ibu guru pada setiap pos sehingga kegiatan dapat selesai sesuai waktu yang ditentukan.

 

Kegiatan outing class telah berjalan dengan lancar. Peserta didik terlihat sangat antusias dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan. Keseruan dan keaktifan peserta didik terlihat saat melibatkan diri dalam kegiatan eksperimen secara kooperatif. Bapak ibu guru turut senang melihat peserta didik belajar dengan riang. (Watik Istikomah, S. Pd_Guru Kelas SDIT Budi Mulyo Kaliagung Sentolo)