Usai ANBK, Sekolah Berikan Piagam Penghargaan Pada Anak

Nanggulan (SDN Tanjungharjo) – SD Negeri Tanjungharjo telah menyelesaikan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). peserta ANBK berjumlah 23 anak yang merupakan siswa kelas V. Adapun pelaksanaan ANBK dibagi menjadi 2 gelombang, per sesi ada 6 anak, dan sesi terakhir ada 5 siswa. Sekolah yang terletak persis di belakang Balai Kalurahan Tanjungharjo tersebut melaksanakan ANBK di Ruangan Laboratorium Komputer dengan menggunakan 6 PC, dan menyiapkan 2 laptop cadangan. Kegiatan ini juga melibatkan pengawas silang, yakni Nurul Hidayah, salah satu guru dari SDN Kemukus. Kepala Sekolah, Sukiya, S.Pd.SD. menyampaikan hal itu saat di sela-sela memantau ANBK di sekolah setempat, Kamis (18/11/2021).

"Kami memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan pada anak. Hal ini kami lakukan dalam rangka mengajak anak untuk terus semangat belajar. Sepele sebenarnya, hanya secarik kertas. Akan tetapi semoga menjadi nilai lebih di mata orang tua untuk mendorong minat belajar anak saat di rumah," ujar Sukiya.

"Kami juga dikunjungi oleh LPMP di hari pertama untuk memantau pelaksanaan ANBK. Alhamdulillah ANBK berjalan dengan lancar," imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Antonius Kris Aditya menyampaikan bahwa piagam penghargaan tersebut dicetuskan secara spontan. "Karena melihat kegigihan anak dalam mengerjakan soal, terutama saat hari pertama sesi siang. Hujan begitu deras, tapi anak–anak tetap datang dengan tepat waktu," ujar Adit.

"Harapan kami, agar ke depannya juknis ANBK bisa disampaikan di awal tahun anggaran. Hal itu agar pengelolaan ANBK dapat dimasukkan pada Anggaran Kegiatan Sekolah yang sesuai," pungkasnya.
(Elmi Widyawati, Ops)