Guru SD Negeri 2 Sentolo Juara 1 Lomba Media Pembelajaran

Kulon Progo (SD Negeri 2 Sentolo). Rini Handayani, S.Pd.I, guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) SD Negeri 2 Sentolo meraih juara 1 dalam "Lomba Media Pembelajaran", khusus untuk guru dampingan Dompet Dhuafa Yogyakarta. Acara digelar dalam rangka "Semarak Hari Guru Nasional 2021," yang jatuh pada tanggal 25 November 2021. Media pembelajaran yang dilombakan berupa media digital dan media non digital.

Adapun ketentuan lomba tersebut antara lain, merupakan lomba perorangan dimana peserta merupakan guru dampingan Dompet Dhuafa Yogyakarta jenjang SD. Peserta boleh  mengirimkan maksimal 2 media yang merupakan hasil karya sendiri. Kemudian mengisi formulir pada link:  https://bit.ly/LombaMediaDD dimana batas pengisian formulir 10 Desember 2021 pukul 23.00 WIB. Terdapat hadiah menarik untuk 3 media terbaik pada setiap katagori.

Ketentuan lainnya adalah boleh satu jenis (keduanya digital atau keduanya non digital), atau dua jenis yang berbeda (satu non digital dan satu digital). Boleh media pembelajaran lama (yang sudah pernah dibuat atau dipakai),  namun pengambilan foto dan video penggunaan adalah yang terbaru. Video boleh mengikutsertakan siswa sebagai peserta, atau tidak. Media digital boleh bukan merupakan video pembelajaran, misalnya boardgame atau lainnya. Memiliki google drive atau menggunakan akun temannya.

Berdasarkan ketentuan lomba di atas, Kepala SD Negeri 2 Sentolo menyampaikan informasi baik melaui Whatsapp Grup maupun dalam rapat kerja sekolah. Menanggapi informasi lomba media pembelajaran, salah satu guru yaitu Rini Handayani, S.Pd.I mengikuti lomba tersebut.

Motivasi Rini Handayani, S.Pd.I mengikuti lomba adalah media yang dibuatnya mudah dan menarik seperti bermain game, tetapi sesungguhnya memiliki makna belajar. Anak-anak bersemangat mengerjakan ulangan harian. KURSUN (Kuis Surat Al-Kafirun dengan Aplikasi Wordwall) adalah soal latihan untuk siswa yang dikemas dalam suatu permainan/game agar siswa mudah dan tertarik untuk mengerjakan layaknya bermain sebuah game. Kuis berbentuk labirin ini digunakan untuk mata pelajaran PAI Kelas 6 materi Surat Al-Kafirun.

Penilaian lomba  dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2021 oleh Tim Penilai yang ditunjuk oleh Dompet Dhuafa Yogyakarta. “Kami berusaha memotivasi semua guru untuk mengikuti lomba pembuatan media pembelajaran. Namun meskipun hanya 1 yang menjadi peserta, kami sangat bersyukur,” kata Kepala Sekolah.

Pada hari Senin 27 Desember 2021 hasil pengumuman lomba dipublikasikan oleh Tim Penilai Dompet Dhuafa Yogyakarta. Adapun hasil pemenang lomba antara lain: Katagori Digital, juara 1 Rini Handayani, S.Pd.I (SDN 2 Sentolo), juara 2 Dyah Galih, M.Pd. (SDN Sokomoyo), juara 3 Iwan Satriyanto, S.Pd. (MIM Serangrejo), juara harapan 1 Nurmaika Widyatanty (MIM Pengkol), juara harapan 2 Ikajayanti (SDN Girisekar). Katagori Non digital, juara 1 Fitria Dewi Rahayu, S.Pd. (MIM Munggur), juara 2 Sri Handani, S.Ag. (MIN 2 Kulon Progo).

Keberhasilan ini tentu saja bukanlah hasil akhir dari sebuah karya nyata, akan tetapi merupakan awal perjuangan untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di Kulon Progo dan umumnya di Indonesia.

Kepala Sekolah, Juniarti Siti DMS, S.Pd.SD. mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan dari guru, tenaga kependidikan, dan berbagai pihak sehingga SD Negeri 2 Sentolo dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan kompetisi ini. “Untuk Rini Handayani, S.Pd.I, saya ucapkan selamat dan terima kasih atas prestasi yang diperoleh, semoga menginspirasi yang lain” tandasnya.

Ucapan selamat juga disampaikan para guru SDN 2 Sentolo. Rini Handayani, S.Pd.I menyampaikan terimakasih atas motivasi, saran, masukan, dan dukungan dari kepala sekolah dan para guru. “Terimakasih, Ibu. Ini semua berkat motivasi dari Ibu yang selalu menyemangati saya.” kata Rini Handayani, S.Pd.I.

“Salam Literasi Pendidikan Kulon Progo, Menyatu…menyatu...luar biasa…menyatu…menyatu…istimewa”. Jargon ini semoga menginspirasi para guru hebat di Kulon Progo menjadi guru-guru hebat yang akan menjadi penggerak pendidikan di Kulon Progo. (Juniarti Siti DMS)

#salamliterasi#gurukreatif

#jagaprokes#ptmsukses