Sosisalisasi Data Pokok Pendidikan dan Profil Pendidikan 2022

Kamis (14/04/2022), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan acara sosialisasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) dan Profil Pendidikan tahun 2022. Acara tersebut dibuka langsung oleh bapak Arif Prastowo, S.Sos., M.Si , beliau menyampaikan/berpesan  kepada peserta sosialisasi

“ Pandemi Covid-19 telah menyebabkan terjadinya perubahan terhadap aktivitas manusia, termasuk rutinitas yang dilakukan di lingkungan keluarga. Saat ini, tidak hanya orang tua siswa yang harus bekerja dari rumah. Akan tetapi, anak-anak juga menjalankan aktivitas pembelajarannya dari rumah. Namun tidak dapat dipungkiri dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat dan pesat yang telah memberikan kemudahan bagi berbagai masyarakat dalam menjalankan akivitas sehari-hari, terutama dalam mengakses segala macam bentuk informasi. Tentunya dengan kemajuan teknologi di era digital ini kita harus menyikapi secara bijak dan tepat agar dapat memberikan banyak manfaat bagi keluarga dan orang disekitar kita. Namun tidak semua orang tua mengerti dan memahami  kemajuan tekhnologi yang begitu cepat, sehingga perlu pendampingan dan peran serta orang tua dalam memberikan bimbingan terhadap anak-anak kita di era digital ini.” Ujarnya.

Pada acara pertama Profil Pendidikan  yang di sampaikan langsung oleh Bapak Dian Putera Karana, S.Pd., M.Pd. beliau memperkenalkan aplikasi terbaru yaitu “Aplikasi Pendekarku Versi 2” walaupun masih dalam tahap penyempurnaan, beliau menyampaikan PendekarKU Versi 2 adalah sebuah sistem yang berisi tentang informasi tentang penerapan Pendidikan Karakter di satuan pendidikan yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Data yang di sajikan tentang laporan pelaksanaan Pendidikan Karakter di setiap satuan pendidikan yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Tujuan dibangunnya SIM PendekarKU agar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Orangtua Siswa, Masyarakat bisa melihat, memonitoring kegiatan Pendidikan Karakter yang telah dilaksanakan di satuan pendidikan di Kabupaten Kulon Progo.

Acara selanjutnya yaitu sosialisasi data pokok Pendidikan (dapodik) yang di sampaikan oleh bapak eing iryanto. dari kemarin banyak sekali keluhan mengenai dapodik terutama menngenai sarana dan prasarana sekolah, maka dari itu beliau sekalian ikut mengadakan sosialisasi. Dalam rangka peningkatan kualitas dan pemutakhiran Data Pokok Pendidikan pada entitas sarana prasarana, satuan pendidikan diharapkan dapat memutakhirkan data sarana dan prasarana di Dapodik. Hal ini diperlukan agar data tersebut valid secara pendataan Dapodik. Data yang perlu dimutakhirkan, yaitu:

  1. Mengisi dan melengkapi isian data prasarana dengan

benar, antara lain: data tanah, bangunan, dan ruang.

  1. Mengisi dan melengkapi isian data sarana dengan

benar, antara lain: alat, angkutan, dan buku.

  1. Menjawab pertanyaan kepemilikan terkait sarana

prasarana yang terdapat pada Tabulasi Data Dinamis

pada menu rinci sekolah.

 

Download Materi dibawah ini

1. Panduan Pemutakhiran Data Sarana Prasarana di Dapodik

 

2. Buku Panduan Aplikasi SIM Pendekarku Versi 2