HALAL BI HALAL DAN KHATAMAN AL QURAN : KEMBALI FITRI WUJUDKAN GENERASI QURANI

Bulan Ramadan telah berlalu. Hari ini, Senin 09 Mei 2022, merupakan hari pertama kembali ke sekolah bagi Bapak Ibu Guru dan Bapak Ibu Tenaga Kependidikan serta para peserta didik setelah melaksanakan serangkaian acara Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama. Pada momentum ini seluruh warga SD Negeri 1 Giripurwo melaksanakan halal bi halal di halaman sekolah. Ikrar Syawalan dan doa dibacakan oleh perwakilan peserta didik kelas 5 yang ditanggapi oleh Ibu Kepala Sekolah. Acara halal bi halal ditutup dengan pembagian kado silang antar peserta didik.

Pada hari ini setelah halal bi halal bagi seluruh warga sekolah selesai, SD Negeri 1 Giripurwo melanjutkan kegiatan dengan acara Khataman Al-Quran bagi peserta didik kelas 6. Dalam rangka menyiapkan seorang generasi yang tangguh terhadap kemajuan zaman yang merupakan suatu kewajiban bagi setiap satuan pendidikan, SD Negeri 1 Giripurwo yakin bahwa salah satu hal yang harus diperkuat adalah penguatan karakter dalam diri peserta didik melalui Pendidikan Karakter Berbasis nilai-nilai Budaya yang menjadi pendorong utama dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.Salah satu elemen Penguatan Pendidikan Karakter adalah nilai religius yang sejalan dengan profil pelajar Pancasila. SD Negeri 1 Giripurwo menggelar acara Khataman (Khotmil Quran) sebagai bentuk apresiasi bagi peserta didik kelas 6 yang telah selesai membaca Al Quran 30 Juz. Kegiatan ini merupakan salah satu impelementasi Penguatan Pendidikan Karakter yang sudah dicanangkan.

Kegiatan khataman tingkat sekolah dilaksanakan secara sederhana di lingkungan SD Negeri 1 Giripurwo. Seluruh peserta didik kelas 6 telah menyelesaikan bacaan Al-Quran 30 Juz dan semuanya dapat menjadi peserta Khataman tahun ini yang berjumlah 17 peserta didik.

Acara khataman ini dihadiri langsung oleh Bapak H. Agus Basuki, S.Ag, M.Si., selaku Pengawas Pendidikan Agama Islam di lingkungan Kapanewon Girimulyo, Ibu Rusmiyati, S.Pd., M.Pd selaku selaku pengawas sekolah dasar wilayah Kapanewon Girimulyo, Ibu Akhiru Nurul Umah selaku perwakilan dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kapanewon Girimulyo dan Bapak Ibu orang tua/wali peserta didik kelas 6.

Acara dibuka dengan pembacaan kitab suci Al Quran oleh Nadila Dinda Putri peserta didik kelas 5 SD Negeri 1 Giripurwo dan dilanjutkan dengan pemberian sambutan.

Ibu Endang Yunarti Farida, S.Pd., Kepala SD Negeri 1 Giripurwo dalam sambutanya mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas pencapaian seluruh peserta didik. Tak lupa beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua/wali peserta didik yang telah mendampingi putra dan putrinya, juga kepada Bapak Ibu Guru yang membimbing seluruh peserta didik dan menyiapkan keberlangsungan acara Khataman Al Quran di SD Negeri 1 Giripurwo. Beliau juga tak jemu mengingatkan agar Langkah baik ini tidak terhenti. Ibu Endang juga memberikan sebuah kata Mutiara “Ilmu tanpa agama akan pincang. Agama tanpa ilmu akan buta”. Hal itu menjadi pengingat bagi seluruh peserta khataman maupun seluruh hadirin untuk terus belajar meningkatkan IPTEK dan IMTAQ.

Sama seperti Ibu Endang, Bapak H. Agus Basuki, S.Ag., M.Si., juga menyatakan rasa bangga dan menitipkan amanah untuk terus membumikan Al Quran sebagai pedoman kehidupan. Beliau juga mengimbau kepada seluruh hadirin untuk saling bekerja sama mewujudkan generasi Qurani, utamanya menjadi pengingat bagi para orang tua/wali peserta didik yang harus bisa menjadi teladan untuk putra/putrinya.

Ibu Rusmiyati, S.Pd., M.Pd., memberikan serangkaian kata sambutan dan halal bi halal serta mengucapkan selamat bagi para peserta Khataman Al Quran tahun ini. Tak lupa beliau berpesan bahwa Al Quran harus terus dipelajari dan diamalkan dalam kehidupan. Ibu Rusmiyati juga mengingatkan tentang Ujian ASPD yang sudah semakin dekat, sehingga beliau berpesan kepada seluruh peserta didik dan orang tua/wali untuk menjaga diri, menjaga Kesehatan, dan mengurangi aktifitas yang tidak perlu agar fokus mempersiapkan ujian. Beliau juga tak lelah mengingatkan agar seluruh proses pembelajaran di SD Negeri 1 Giripurwo tetap dilaksanakan dengan protocol Kesehatan yang baik, dan memberikan semangat bagi seluruh warga sekolah untuk terus meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam menyongsong kurikulum merdeka.

Acara inti Khatmil Quran diawali dengan membaca bersama 3 surah terakhir dalam Al-Quran yaitu; Surah Al Ikhlas, Surah Al Falaq, Surah Annas, dan pembacaan doa khatam Al Quran yang dipimpin oleh Ibu Akhiru Nurul Ummah selaku perwakilan Kantor Urusan Agama (KUA) Kapanewon Girimulyo. Kemudian dilanjutkan dengan pengalungan samir dan pemberian sertifikat kepada para wisudawan/wisudawati.

Acara Khataman Al Quran diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ibu Ngatini, A.Ma. selaku Guru PAI SD Negeri 1 Giripurwo.

Kegiatan Khataman ini diharapkan dapat meningkatkan nilai religius dalam diri peserta didik serta motivasi peserta didik yang sudah menyelesaikan bacaan Al Quran 30 Juz untuk terus meningkatkan kemampuanya dan terus memegang teguh nilai Al Quran sebagai pedoman hidupnya. Meskipun acara khataman Al-Quran dilaksanakan dengan sederhana tetapi sama sekali tidak mengurangi esensi dan rasa syukur  penuh makna bagi seluruh peserta didik, Bapak Ibu orang tua/wali, Bapak Ibu Guru dan Bapak Ibu Tenaga Kependidikan dan seluruh tamu undangan. Semoga pendidikan di Kulon Progo semakin maju khususnya SD Negeri 1 Giripurwo dapat menginkatkan mutu pendidikanya dengan karakter baik dari setiap elemen pendukungnya, mencetak generasi terbaik bangsa berkarakter, beradab dan berakhlak mulia.

 “Ilmu pengetahuan akan memberimu kekuatan, tapi akhlak yang baik akan memberimu kehormatan” Cerdas Berkarakter itu Kita! (IHD)

 

 

Credit tulisan : Ihdina Khusnasani, S.Pd.Gr.

SD Negeri 1 Giripurwo Kapanewon Girimulyo Kulon Progo