SMP Negeri 2 Kalibawang Luncurkan SperoKaPOST

KALIBAWANG - Unit layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kalibawang meluncurkan sebuah media cetak berformat buletin pada Rabu 8 Juni 2022, lalu. Buletin tersebut diberi nama  SperoKaPOST, akronim dari es-em-pe-loro (dua) Kalibawang Pos. Buletin tersebut menjadi salah satu media layanan Bimbingan dan Konseling. Konten-konten yang ada dalam buletin diharapkan mampu menjadi referensi bagi siswa dalam mencapai tugas perkembangan mereka. Meski yang menjadi target pembaca adalah para siswa, namun dalam proses produksinya buletin tersebut diawaki oleh para siswa sendiri. Konten dalam media tersebut juga adalah hasil kerja para siswa. “Guru hanya sebatas menjadi editor dan pengarah pada proses produksi,” ujar guru BK SMP Negeri 2 Kalibawang, Henri Saputro, S.Pd. Buletin SperoKaPOST di-produksi, dicetak dan digandakan di sekolah dengan perangkat sekolah. Setiap kelas diberi 10 eksemplar. “Jadi bisa menghemat anggaran,” tambahnya. 

Meski saat ini media cetak tidak lagi populer, namun diyakini tidak akan menyurutkan minat siswa dalam mengakses buletin ini. “Media cetak maupun media digital punya kelebihan masing masing. Dengan menikmati media cetak, siswa diharapkan lebih bisa fokus dan tidak terdistraksi ketika mengaksesnya,” lanjut Henri. 

Buletin perdana SperoPOST terbit dengan 4 halaman dengan berisi 3 konten tema tulisan dari Nagita Kusuma Wardani yang menulis tentang bullying, Sinta Yuli yang menulis tentang lingkungan sekolah, dan wawancara Ibu Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang hendak pensiun, Yosepha Indah Kurniati, S.Pd yang dilakukan oleh Karimatul Fitriani dan Asri Hamitasari. Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kalibawang, Sulis Setyawati, S.Pd.,M.Pd., mengharapkan buletin SperoKaPOST bisa terbit secara konsisten dan mewadahi minat bakat siswa di bidang literasi. “Kita dukung penuh dan apresiasi atas terbitnya SperoPOST,” ujarnya.