2.931 Siswa SMP/MTs Se- Kulon Progo Ikuti Kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Ketuntasan

Dalam rangka Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Khataman Al-Qur’an dan Ketuntasan Sekolah Menengah Pertama tingkat Kabupaten Kulon Progo di Gedung Sadewa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Sabtu (11/6/2022).

Acara ini dihadiri oleh Penjabat Bupati Kulon Progo, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekretariat daerah, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Kepala Kemenag, Dewan Pendidikan, Kepala Dinas Dikpora Kulon Progo beserta pejabat Sruktural.

Dalam laporan sambutannya Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo,  Arif Prastowo, S.Sos, M.Si. menyampaikan uapan terima kasih atas dapat terselenggaranya kegiatan tersebut. Arif juga menyampaikankan bahwa kegiatan Khataman Al-Quran bagi siswa SMP/MTs sesuai dengan Perda tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter yang telah diimplementasikan sejak tahun 2018 lalu.

“Kegiatan ini merupakan amanah Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter dan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 65 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan,” katanya.

Saat memberikan sambutan Penjabat Bupati Kulon Progo, Drs. Tri Saktiyana, M.Si. menyampaikan bahwa karakter itu tanpa berpikir karena sudah menjadi watak dasar seseorang dan perlu dibina sejak kecil hingga besar.

“Karakter itu tanpa berpikir, karena apa ? Karena sudah menjadi watak pelakunya, sudah menjadi gawane atau ciri wanci. Ono uwong alim, ora ono uwong yo tetep alim. Harus berlanjut terus menerus sejak kecil, TK, SD, SMP dan seterusnya berlanjut”, katanya.

Secara terpisah Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pembinaan SMP, R. Chris Hartanto, S.Pd., M.M. mengemukakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 2.931 siswa SMP/MTs se- Kulon Progo dengan rincian yang beragama Islam 2.725 anak, Katholik  156 anak, Kristen 46 anak dan Budha 4 anak

 “Kegiatan ini diselenggarakan secara langsung dan lewat Zoom Meeting. Yang berada di sini (Ruang Sadewa) diwakili oleh 80 siswa yang terdiri dari 60 siswa Islam, 10 Katholik, 6 Kristen dan 4 beragama Budha. Dan Tadi pagi mulai pukul 08.00 WIB telah dilakukan pembacaan kitab oleh masing-masing agama, yang beragama Islam di ruang Sadewa, Khatolik di ruang Sembadra, Kristen di ruang Srikandi dan Budha di ruang Bima Dinas Dikpora Kulon Progo dan dilanjutkan penyematan samir dan penyerahan piagam oleh Bapak Penjabat Bupati Kulon Progo’, tutur Chris.

Salah satu peserta Khataman, Arif Nur Yasin dari SMPN 1 Kokap merasa bangga dan senang bisa ikut kegiatan ini.

“Saya merasa senang dan menjadi ingin lebih rajin lagi membaca Al-Qur’an”, katanya saat acara selesai.