Kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo ke Sekolah Sasaran Progr

SD  Negeri Kempong Kapanewon Kalibawang, Rabu, 15 Juni 2022 menerima kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Bapak Arif Prastowo, S.Sos. M.Si. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana perkembangan sekolah setelah mengikuti Program Organisasi Penggerak Sekolah Literasi Indonesia (POP-SLI). Dalam kunjungannya Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo menyempatkan berkeliling melihat perpustakaan sekolah, taman baca sekolah, kebun sekolah, dan ruang kelas. Pada kesempatan ini pula Bapak Kadis Dikpora Kulon Progo berkesan terhadap pemanfaatan lahan sekolah yang memanfaatkan setiap jengkal tanah untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar bagi siswa, sehingga tercipta pembelajaran yang kontekstual. Selain itu penataan ruang kelas dan penataan meja juga membuat Bapak Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo terkesan. Penataan ruang kelas yang menarik dan bersih  akan membuat siswa kerasan belajar di dalam kelas. Penataan meja berbentuk U memungkinkan guru bertatapan muka langsung dengan para siswa sehingga akan terbentuk sifat percaya diri dari para siswa.

Dalam kunjungan ini pula Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo juga berpesan bahwa kehadiran guru di sekolah bukan hal yang biasa, melainkan hal yang sangat luar biasa karena kedatangan guru sangat dinantikan oleh para siswa untuk mendapatkan sesuatu yang baru yang sangat menarik dan dinantikan. Ibarat kertas putih, para siswa siap ditulisi apapun oleh gurunya. Untuk itu peran guru di sekolah dasar amatlah penting, dimana setiap anak membawa kecerdasannya masing-masing sehingga bagaimana guru bisa menemukan bakat dan kecerdasan para siswanya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo juga menambahkan bahwa pengelolaan perpustakaan yang baik perlu dilakukan agar dapat meningkatkan minat baca para siswa. Selain pengelolaan perpustakaan yang baik, guru juga bisa melakukan berbagai cara untuk meningkatkan minat baca para siswa. Guru juga harus membiasakan memberi waktu pada para siswa untuk bercerita tentang pengalamannya dan membuat laporan fakta yang mereka  lihat untuk melatih siswa percaya diri.  Biasakan juga siswa membuat ringkasan dari buku yang dibaca dan diakhir minggu ringkasan dikumpul untuk dibaca guru.

Pada kesempatan terakhir Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo juga berpesan kepada kepala sekolah agar membangun hubungan baik dan melakukan komunikasi yang efektif dengan warga masyarakat dan semua pihak yang terkait dengan sekolah. Satu  pesan terakhir yang sangat menarik dalam kunjungan ini dari Beliau adalah “Ora patek pinter ora papa sing penting migunani”

Disusun oleh Dwi Wahyuni : Kepala SD Negeri Kempong