PANEN HASIL KARYA SISWA SD NEGERI GEMBONGAN  APRESIASI DAN UPAYA MEMBANGKITKAN KREATIVITAS SISWA

            SD Negeri Gembongan menggelar pameran hasil karya siswa selama pembelajaran di tahun pelajaran 2021/2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2022 bertempat di ruang kelas V (lima ) SD Negeri Gembongan. Pengunjung pameran ini adalah siswa kelas 1 sampai kelas 5. Wali siswa juga diperkenankan melihat pameran karena acara ini bersamaan dengan pembagian raport kenaikan kelas.  

            Ketua panitia pameran hasil karya siswa ini adalah Ibu Dra. Rini Ismiyati, beliau berharap siswa dapat lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran sehingga dapat menampilkan karya terbaiknya. Acara pameran dimulai dengan berdoa bersama dengan disaksikan oleh guru-guru dan siswa kelas 1-5 SD Negeri Gembongan.

            Pameran dibuka pada pukul 07.30 oleh kepala sekolah SD Negeri Gembongan ibu Murjiyem,S.Pd. Pembukaan dilakukan dengan menggunting pita disaksikan oleh guru karyawan dan siwa kelas 1 sampai kelas 5. Dalam sambutannya, ibu kepala sekolah mengucapkan selamat kepada siswa-siswa yang sudah berhasil membuat karya dan berhasil dipamerkan dalam acara pameran kelas SD Negeri Gembongan Tahun 2021/2022.

            Beliau juga berharap adanya pameran ini dapat memotivasi siswa dalam berkarya dan mengembangkan kreativitasnya. Pada masa sekarang ini sangat perlu pengembangan kreativitas untuk mendukung dan mengisi perkembangan zaman.

            Nilai akademik tidak semata-mata menjadi acuan dalam kesuksesan seseorang, namun hal tersebut juga penting untuk dikejar dan diselesaikan sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Selain aspek pengetahuan terdapat juga aspek keterampilan yang dapat digunakan sebagai modal untuk hidup di masyarakat. Keduanya sebisa mungkin berjalan berdampingan dan saling mendukung.

            Di akhir sambutannya beliau menyampaikan agar kegiatan ini terus dilakukan dan selalu ditingkatkan agar menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi siswa-siswa SD Negeri Gembongan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, tidak lupa beliau juga menyampaikan terima kepada seluruh guru yang sudah membimbing siswa-siswa dalam menghasilkan karya. Beliau berpesan untuk selalu berkolaborasi agar dapat terus mengembangan sekolah menuju perubahan yang lebih baik.

            Setelah mengakhiri sambutannya Ibu kepala sekolah berkunjung ke stan pameran dan melakukan diskusi dan tanya jawab dengan siswa. Beliau mengunjungi stan dari kelas V yang ditunggu oleh Ramadhika Setya Nugraha, beliau berdiskusi tentang pemanfaatan bahan bekas untuk dijadikan barang multiguna sehingga tidak mencemari lingkungan dan memiliki nilai manfaat.

            Beberapa karya siswa yang dihasilkan selama pembelajaran dipamerkan dalam pameran ini, mulai dari karya siswa kelas 1 hingga kelas 6. Karya ini merupakan perwujudan dari hasil belajar mereka dari aspek keterampilan dan pengembangan kreativitas masing-masing siswa. Beberapa siswa, Rara dan Abi merasa senang saat karyanya dipamerkan dalam acara ini. Mereka sangat antusias melihat karya teman-teman yang lain yang ikut dipamerkan. Selain memamerkan karya,  mereka juga menceritakan kepada pengunjung pameran tentang bagaimana proses pembuatan karya yang mereka pamerkan.

            Orang tua siswa yang ikut menyaksikan acara pameran ini, ibu Dwiyanti Susilowati, juga mengapresiasi karya-karya siswa. Walaupun karyanya sederhana namun memiliki arti tersendiri bagi orang tua, beliau merasa bangga hasil karya anaknya dipamerkan dalam acara pameran. Beliau juga berharap agar pameran diadakan setiap tahun.  

Setiap anak adalah istimewa. Setiap siswa memiliki keunikan dan tidak bisa disamakan dengan anak yang lain. Menghargai adalah jalan untuk membuka peluang untuk mengembangkan anak menemukan potensinya masing-masing. (Nur Trianingsih)