Sukses Pasibraka HUT ke-77 Republik Indonesia

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Kulon Progo berhasil jalankan tugas pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022. Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari peran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo melalui Seksi Kepemudaan.

Pembentukan Paskibraka Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022 melalui proses yang panjang. Diawali dengan seleksi bakal calon anggota paskibraka, diantaranya pendaftaran secara online, seleksi administrasi, dan seleksi utama. Seleksi utama dilaksanakan selama 3 hari pada 21-23 Maret 2022 terdiri dari tes kesehatan, tes jasmani dan baris-berbaris, dan wawancara. Dari 3 tahap seleksi tersebut diumumkan bahwa 16 peserta lolos seleksi tingkat kabupaten dan berhak mengikuti seleksi tingkat provinsi, 30 peserta lolos seleksi tingkat kabupaten, dan 4 peserta sebagai cadangan. Proses selanjutnya yaitu, karantina yang diikuti oleh 38 calon anggota paskibraka yang dilaksanakan pada 11-18 Agustus 2022 di Wisma Dharmais. Sebelum mengibarkan Bendera Sang Merah Putih, Calon Anggota Paskibraka Kabupaten Kulon Progo melalui proses pengukuhan. Anggota Paskibraka Kabupaten Kulon Progo dikukuhkan langsung oleh Pj. Bupati Kulon Progo, Drs. Tri Saktiyana, M.Si.

Rabu (17/8/2022), Anggota Paskibraka Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022 sukses menjalankan tugasnya mengibarkan Bendera Sang Merah Putih. Tentu saja keberhasilan ini tidak lepas dari berbagai unsur, mulai dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Panitia Perinatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Kodim 0731/Kulon Progo, Polres Kulon Progo, Sat Radar 215 Congot, Sat Brimob Yon B Sentolo Kulon Progo, dan seluruh pendukung acara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Kabupaten Kulon Progo.

Sebagai sarana mempererat tali persaudaraan, Dinas Dikpora bersama Anggota Paskibraka, melaksanakan kegiatan anjangsana pada 24-28 Agustus 2022 di Bali. Seluruh rangkaian acara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Kabupaten Kulon Progo yang melibatkan Anggota Paskibraka Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022 ditutup dengan acara resepsi pembubaran panitia yang dihadiri oleh Pj Bupati Kulon Progo, Pelatih Anggota Paskibraka, dan Panitia Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Kabupaten Kulon Progo.