Tahapan Seleksi Sekolah Penerima Manfaat (SSPM) Moral Technology School

Moral Technology School

MT School merupakan program peningkatan performa sekolah dan pendidik berbasis literasi digital dengan pendekatan moral.

Program ini sudah berjalan sejak tahun 2020 bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulon Progo, BAZNAS Kulon Progo dan Kementerian Agama Kulon Progo.

Sekolah dasar / Madrasah Ibtida’iyah yang nantinya akan didampingi secara intensif dalam peningkatan performa sekolah dan pendidik berbasis literasi digital dan peningkatan moral dinamakan Penerima manfaat program Moral Technology School Komprehensif.

Penerima manfaat program  MTSchool  ini dilakukan melalui tahapan seleksi administrasi, school visit, dan Focus Group Discussion. Sekolah maupun madrasah yang berada di wilayah sasaran dapat mengisi formulir pendaftaran formulir dapat diunduh melalui link bit.ly/SSPMMTSchool2023. Selanjutnya, hasil pengisian formulir pendaftaran dapat diserahkan ke bagian Perencanaan Dinas Dikpora Kulon Progo paling lambat tanggal 25 November  2022.

Tahapan seleksi penerima maanfaat MTSchool 2023 dimulai dengan kegiatan Workshop Pendidikan yang dilaksanakan pada 15 November 2022 dengan peserta perwakilan guru dan kepala sekolah  SD/MI di kapanwon Nanggulan dan Girimulyo bertempat di SD Negeri 2 Nanggulan, para peserta workshop sudah dapat mulai mendaftarkan sekolahnya pada saat workshop tersebut. Pendaftaran dimulai tanggal 15 – 25 November 2022, setelah itu tanggal 26 – 30 November 2022 dilakukan seleksi administrasi dan 1 Desember 2022 Pengumuman hasil seleksi Administrasi. Dari hasil seleksi nantinya akan memasuki tahap visitasi dan FGD (Focus Grup Discussion) dilaksanakan tanggal 5 – 17 Desember 2022 di sekolah yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi, dan tahap akhir setelah visitasi adalah pengumuman 10 Sekolah yang dinyatakan lolos seleksi dan menjadi penerima manfaat MTSchool, Pengumuman dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2022.   

Target wilayah dampingan MTSchool adalah seluruh  Kapanewon di Kabupaten Kulon Progo. Tahun 2020 MTSchool telah melakukan pendampingan SD/MI di kapanewon Temon dan Panjatan. Berikutnya untuk tahun 2023 MTSchool akan menyasar  SD/MI di Kapanewon Nanggulan dan Girimulyo. Masih ada kapanewon lendah, galur, kokap, samigaluh dan kalibawang yang rencananya akan tetap mendapatkan pendampingan secara parsial.

Sekian PEMBUKAAN dan PENGUMUMAN program Moral Technology School.

Salam Hangat.