PETANI CILIK

Dalam mewujudkan satuan pendidikan siap kurikulum merdeka, SD IT Budi Mulyo mulai melakukan pembelajaran berdiferensiasi  yaitu pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan muird. Kebutuhan muird dapat dilihat salah satunya dengan melihat profil orang tua. Dengan mengetahui profil orang tua, guru dapat mengetahui latar belakang pola interaksi, inisiatif, serta motivasi muird.

            Berdasarkan adanya tanah kosong yang berada di belakang sekolah dan profil orang tua murid mayoritas petani, SD IT Budi Mulyo melaksanakan program PETANI CILIK yang diikuti oleh muird kelas satu sampai kelas enam. Program Petani Cilik  mempunyai tiga tahapan yaitu:

  1. Penyuburan lahan
  2. Penanaman
  3. Panen
  4. Pengolahan

Tahap penyuburan lahan dilakukan oleh murid dengan cara membawa perlengkapan dari rumah seperti cangkul, sabit, ember dan pupuk. Kemudian  mencabut rumbut di sekitar lahan, membersihkan lahan, mencangkul lahan, menyiram air, dan pemberian  pupuk yang dilaksanakan Jum’at 26 Agustus 2022.

            Penanamaan dilakukan seminggu setelah penyiapan lahan pada Jum’at 2 September 2022. Murid memilih kangkung dan sawi untuk bibit yang ditanam. Sebelum penyiapan lahan dan penanaman murid sudah mendapat bekal materi dari penjelasan  guru dan wawancara kepada orang tua. Selanjutnya dilaksanakan tahap perawatan bibit kangkung dan sawi dengan cara penyiraman air secara rutin serta pemberian pupuk  dilakukan piket setiap harinya. Sayur kangkung dan sawi  dipanen pada Jum’at  14 Oktober 2022.

             Hasil dari panen diolah menjadi masakan. Hasil olahan berbeda-beda setiap kelas. Kelas 1A dan 1B berkolaborasi dengan paguyuban untuk membantu memasak, kelas 2 dan 3 dibantu wali kelas. Sedangkan kelas 4, 5, dan 6 dimasak berkelompok. Murid menikmati hasil berkebun, ditanam bersama, dimasak Bersama, dan dimakan bersama.

            Program petani kecil merupakan program SD IT Budi Mulyo  untuk merdeka belajar yang sudah mencakup Komitmen, Mandiri, dan Refleksi. Yang bertujuan  menyuburkan motivasi  internal, melibakan murid dalam menetapkan tujuan, menyediakan tantangan yang bertingkat, dan bermakna. Guru juga melakukan timbal balik disetiap kegiatan murid. Kegiatan Petani Cilik melatih murid untuk berkolaborasi, bertanggung jawab, berpikir kritis, inovatif, kreatif, dan mencintai lingkungan alam sekitar. Harapannya murid dapat memaanfaatkan lahan-lahan kosong menjadi lahan yang subur dan tumbuh tanaman berguna.

Oleh: Nur fitri Cahyati, S.Pd _ SD IT Budi Mulyo