PUNCAK PEMENTASAN LOMBA KREASI SENAM P5 SMP NEGERI 1 GALUR

Sebagai bentuk implementasi dari Pelaksanaan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) SMPN 1 Galur melaksanakan proyek yang ke-2 bertemakan Bangunlah Jiwa dan Raganya dengan subtema “Sehat Jiwaku Bugar Ragaku”. Kegiatan ini memiliki tujuan mengasah pikiran para siswa untuk menciptakan kreasi gerakan senam sesuai dengan ketentuan dan musik yang digunakan. 

Puncak pementasan senam P5 dilaksanakan pada hari Jumat (03/02/2023) di lapangan Badminton SMPN 1 Galur, diikuti oleh 128 siswa dari kelas VII yang dibagi menjadi 16 kelompok. Perlombaan senam P5 dimulai sejak pagi dengan berbagai rangkaian acara lainnya yang sebelumnya dibuka oleh Kepala SMPN 1 Galur, Bapak Sugeng Widadi,S.Pd.,M.Pd.Si. Dilanjutkan penjabaran kriteria penilaian yang disampaikan oleh Bapak Sutarno, S.Pd. Kriteria penilaian perlombaan senam yaitu kreatifitas, ketepatan gerakan dengan musik, dan kekompakan. 

Foto: Sugeng Widadi,S.Pd.,M.Pd.Si membuka pelaksanaan Lomba Kreasi Senam P5

Dalam perlombaan senam P5, lagu wajib yang digunakan berjudul ‘Pelajar Pancasila’, tetapi peserta boleh menambahkan lagu nasional ataupun lagu daerah. Selain itu, busana yang mereka kenakan beraneka ragam sesuai tema masing-masing kelompok. Ada yang mengenakan batik yang dikreasikan dengan busana dan properti lainnya. 

Setelah melalui seleksi yang cukup ketat dan mempertimbangkan berbagai kriteria penilaian, kelompok Narayan Razaqu Aditia Ramadhan berhasil meraih juara pertama, diikuti oleh kelompok Hagni Daniswara J.P. sebagai juara kedua, dan kelompok Pinasthi Aglis R., sebagai juara ketiga. Sementara itu, juara harapan 1 dimenangkan oleh kelompok Novella Firnanda Putri, kelompok Anantya Nafisatha A., sebagai juara harapan 2 sedangkan juara favorit dalam perlombaan ini diraih oleh kelompok Novrielza Rakha N. Keunikan dan kreativitas dari setiap kelompok membuat acara pementasan lomba senam P5 sangat meriah dan penuh semangat. Para siswa sangat antusias mengikuti acara perlombaan ini. Semoga acara ini menjadi momentum bagi para siswa untuk meningkatkan semangat dan kesadaran mereka dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan.*

 

Sumber: SMPN 1 Galur