SENI SLAKA DAN EKSTRA AGRARIA JADI UNGGULAN SMPK KEMASYARAKATAN KALIBAWANG

SMP Katolik Kemasyarakatan Kalibawang merupakan sekolah swasta yang berlokasi di Promasan, Banjaroya Kalibawang Kulon Progo. Salah satu sekolah di perbukitan menorah ini berdiri sejak 1 Agustus 1962. Sekolah ini selalu mengikuti perkembangan dan kurikulum yang berlaku, proses pembelajaran yang dilaksanakan yaitu intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan akademik siswa, sedangkan kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan yang dilakukan diluar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah ataupun di luar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan pengetahuan, ketrampilan, dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. 
Ekstrakurikuler di sekolah ini, ada dua macam yaitu ekstra pilihan dan ekstra wajib. Ekstra pilihan terdiri dari ekstra tari, ekstra ekstra karawitan, ekstra menjahit, ekstra paduan suara, ekstra ansamble, ekstra band, dan seni sloka atau selawatan Katolik. Sedangkan ekstra wajib terdiri dari ekstra pramuka, ekstra budaya mataram, ekstra keagamaan, dan ekstra agraria atau pertanian. Peserta didik harus mengikuti semua ekstra wajib, sedangkan ekstra pilihan, peserta didik boleh memilih ekstra apa saja yang diminati. 

Foto: Ekstra Seni Slaka 

Ekstrakurikuler unggulan di sekolah ini adalah Seni Slaka (Slawatan Katolik) dan ekstra agraria. Seni Slaka adalah puji-pujian atau nyanyian diiringi alat musik seperti kemplang, kempleng, kempol, dodol gong dan sebagai alat musik pelengkapnya yaitu kenthongan. Setiap hari Kamis, setelah pelajaran selesai ekstra seni slaka diadakan. Ekstra unggulan yang kedua adalah ekstra agraria atau ekstra pertanian.

Foto: Ekstrakurikuler pertanian di kebun sekolah "Bethania"

Sekolah SMPK Kemasyarakatan Kalibawang mepunyai lahan untuk bercocok tanam. Lahan yang tidak jauh dari sekolah diberi nama Kebun Bethania. Setiap hari Sabtu ekstra ini di lakukan dari pukul 07.00- 08.30. Saat ini kebun Bethania ditanami pohon cabai, pisang, ubi kayu . Anak-anak yang menanam mulai dari menyiapkan lahan, menanam, merawat, memupuk, dan memanennya yang hasilnya kemudian dijual. Membekali peserta didik dengan berbagai kegiatan diharapkan saat dewasa nanti bisa sebagai bekal hidupnya.**

 

Sumber: SMPK Kemasyarakatan Kalibawang