Seminar APSI DIY 2023, Peran Pengawas dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar

Wates-DikporaKP, Seminar Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) DIY, bertempat di Ruang Sadewa Dinas Dikpora Kulon Progo, digelar pada Senin (18/12/2023). Hadir dalam kegiatan itu, seluruh anggota APSI se-Kulon Progo dan Pengurus APSI Kabupaten/Kota se-DIY.

Ketua APSI Kulon Progo, Drs. Tukidi, M. S.I mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga acara seminar pagi ini terselenggara. " Selamat mengikuti seminar yang sangat bermanfaat bagi tupoksi pengawas,” ujar Tukidi.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulon Progo, Arif Prastowo, S.Sos., M. Si. saat membuka seminar menuturkan berbagai peran pengawas yang dibutuhkan sekolah ataupun madrasah. “Merubah mindset menjadi hal yang penting dan karakter budaya dalam menghadapi perubahan jaman. Potensi dan SDM Kepala Sekolah dan pengawas yang berbeda-beda bukan menjadi hambatan, tetapi sebagai kekuatan untuk mengelola persoalan-persoalan di dunia pendidikan,” tutur Arif.

Narasumber seminar APSI DIY 2023,  Drs. Joko Prasetyo, M.Pd. dan Drs. Suhari, M.Pd. secara runtun memaparkan bagaimana peran pengawas sesuai peraturan Direktur Jenderal GTK Nomor 4831 tahun 2023. Empat Program APSI dibahas tuntas oleh Joko Prasetyo di antaranya Keorganisasian, Peningkatan Professional, Peningkatan Kesejahteraan dan Peningkatan Hubungan Masyarakat.

Skema transformasi peran pengawas sekolah sesuai peraturan Dirjend GTK dbahas dengan gamblang oleh Drs. Suhari, M.Pd. “Pendampingan dan pemantauan dalam menggerakkan kepala sekolah dan warga masyarakat yang selanjutnya melaksanakan refleksi berdasarkan rapor pendidikan  dengan strategi disesuaikan dengan kapasitas potensi kepala satuan pendidikan,” ujar Suhari.

Lebih lanjut Suhari menyampaikan berbagai  ukuran keberhasilan pendidikan  yang saat ini mengarah pada peningkatan  literasi dan  numerasi juga kinerja satuan pendidikan.  Adapun pendampingan pengawas membersamai kepala sekolah menggunakan metode yang relevan.

 

Sumber: izs/abi