PEMBEKALAN DAN PELEPASAN ATLET POPDA 2024

Wates-DikporaKP, Dinas Pendiikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo melaksanakan pembekalan dan pelepasan atlet POPDA, Jum'at (1/3/2024). Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah, Drs. Jazil Ambar Was'an berkesempatan membuka perhelatan yang berlangsung di GOR Cangkring, Wates. 

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) merupakan Multi Event Pelajar Tahunan. Sebagai titik kulminasi dan gambaran pembinaan prestasi olahraga pelajar daerah. POPDA bertujuan untuk meningkatkan pembibitan dan pembinaan atlet berbakat, yang mampu berprestasi di tingkat provinsi, nasional, regional maupun internasional. Selain itu juga sebagai salah satu alat pemersatu kalangan pelajar. 

Pembinaan jangka panjang, penyelenggaraan kejuaraan maupun peningkatan penyelenggaraan harus dilakukan agar dapat meningkatkan prestasi olahraga di Kulon Progo. Pengalaman kejuaraan yang didukung oleh pembinaan berkelanjutan pun sangat berpengaruh dalam mendongkrak prestasi secara optimal.

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) DIY akan dilaksanakan sejak 4 s.d 8 Maret 2024 di Yogyakarta. Dan untuk sebagian cabor akan dilaksanakan di Kab. Kulon Progo. POPDA DIY rencananya akan mempertandingkan 29 cabor. Kulon Progo tahun ini mengirimkan atlet untuk 27 cabor. Sedangkan di 2 (dua) cabor, Kulon Progo tidak menurunkan atletnya yaitu di cabor sepatu roda dan angkat besi, karena keterbatasan atlet. Total peserta kontingen Kab. Kulon Progo tahun ini berjumlah 387 orang, terdiri dari 326 atlet, 355 pelatih dan 26 official.