4.115 Anak Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo Tuntas Religius Tahun 2024

Wates-DikporaKP, Penyelenggaraan Ketuntasan Religius Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2024 di Kabupaten Kulon Progo telah digelar sejak 4 s.d 8 Maret 2024. Tahun ini, sebanyak 4.115 anak jenjang sekolah dasar dinyatakan tuntas religius. 3.904 siswa beragama Islam telah Khatam Al-Quran, 151 siswa tuntas religius agama Katolik, 54 siswa tuntas religius agama Kristen, 5 siswa tuntas religius agama Budha dan 1 siswa tuntas religius agama Hindu.

Selama 1 minggu, penyelenggaraan ketuntasan religius Khatam Al-Quran dilaksanakan di tiap kapanewon. Sedangkan ketuntasan religius 4 agama lain dipusatkan dibeberapa tempat. Ketuntasan religius agama Katolik diselenggarakan di Gereja Katolik Santa Maria Bunda Penasihat Baik, ketuntasan religius agama Kristen diselenggarakan di Gereja Kristen Jawa Wates, ketuntasan religius agama Budha diselenggarakan di Vihara Girilika Girimulyo dan ketuntasan religius agama Hindu diselenggarakan di SD Negeri Percobaan 4. 

Penyelenggaraan Khataman Al-Quran dan ketuntasan religius agama lainnya adalah wujud implementasi dari Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter dan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 65 Tahun 2027 tentang Pedoman Pelaksanaan Satuan Pendidikan.

Penguatan pendidikan karakter di lingkungan SD/MI melalui ekstrakurikuler keagamaan bertujuan untuk meningkatkan cinta Al Quran, pengamalan ajaran agama, serta peningkatan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada seluruh siswa yang telah tuntas religius dan Khatam Al-Quran. Harapan terwujudnya generasi emas di Kabupaten Kulon Progo semakin nyata, dan kegiatan ini menjadi tahap awal setiap siswa meningkatkan kecintaan dan semangatnya belajar maupun menunaikan ajaran Agamanya.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo memberikan penghargaan berupa pengalungan samir dan penyerahan sertifikat ketuntasan kepada seluruh siswa yang dinyatakan tuntas religius dan Khatam Al-Quran.