Sosialisasi Ibu PAUD Kabupaten Kulon Progo

Kulon Progo - Dalam rangka peningkatan status kesehatan sekolah dan kesehatan peserta didik, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kulon Progo menyelanggarakan Sosialisasi Gerakan Sekolah Sehat dengan tema “Pola Hidup dengan Pangan Aman dan Bergizi” yang di selenggarakan pada Kamis (13/6/2023) di Gedung Sadewa Dikpora Kulon Progo.

Gerakan Sekolah Sehat ini sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Nomor 1725/C.C4/DM.00.02/2024 tentang Gerakan Sekolah Sehat. Fokus Gerakan Sekolah Sehat ada lima yaitu; sehat bergizi, sehat fisik, sehat imunisasi, sehat jiwa dan sehat lingkungan. Kepala Dikpora Kabupaten Kulon Progo, Drs. Nur Wahyudi, MM menyampaikan bahwa Sosialisasi berfokus pada Sehat Bergizi. 

“Fokus sosialisasi pada hari ini adalah Sehat Bergizi dalam mengimplementasikan pola hidup dengan pangan aman dan bergizi, untuk lebih meningkatkan pemahaman dan pembiasaan produksi makanan bergizi yang seimbang, terutama protein tinggi, buah dan sayuran”, jelas Nur.

 

Melalui kegiatan sosialisasi ini, Nur Wahyudi berharap kepada Tim PKK dan ibu PAUD untuk lebih meningkatkan pemahaman dan pembiasaan konsumsi makanan bergizi seimbang kepada anak didiknya, serta menghindari atau meminimalkan mengkonsumsi makanan atau minuman tidak sehat seperti berpemanis dan berpengawet.

“Harapan kami peran tim penggerak PKK dan Ibu PAUD dapat bersama-sama bersinergi, terus menggerakan, memotivasi dan menginspirasi bagi satuan pendidikan PAUD  dalam mewujudkan PAUD berkualitas”, harap Nur. 

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Kulon Progo Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA dalam sambutannya menyampaikan tercapainya Gerakan Sekolah Sehat ini dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi seluruh pihak. 

“Untuk mewujudkan Gerakan Sekolah Sehat ini, tentunya tidak terlepas dari peran serta seluruh warga sekolah yang didukung oleh jalinan kerja sama dengan instansi dan pihak lain, antara lain : Komite Sekolah, Dinas Kesehatan, Puskesmas, orangtua siswa, serta unsur lain yang terkait”, ungkap Siwi.

 


Selain itu Siwi berharap gerakan hidup sehat tidak berhenti hanya di Sekolah, namun bisa dibawa di lingkungan keluarga. 

“Nantinya jika seluruh warga sekolah sudah memiliki kebiasaan dan budaya hidup sehat dan bersih, maka diharapkan kebiasaan tersebut dibawa sampai dirumah masing-masing”, harap Siwi. 

Hal ini juga merupakan salah satu unsur pendidikan karakter yang baik, dimana anak didik dibiasakan menjalani kebiasaan hidup bersih dan sehat di sekolah. /MC.Kab.Kulon Progo/humas

 

 

Sumber berita : https://kulonprogokab.go.id/v31/detil/12081/sosialisasi-gerakan-sekolah-sehat