Bersholawat Bersama SMPIT Ibnu Mas'ud

Bertepatan dengan Peringatan Dasawarsa, SMPIT Ibnu Mas’ud melepas Siswa Kelas IX dengan Bersholawat bersama Warga Sekitar

           

            Acara perpisahan sekolah lazimnya dilaksanakan dengan konsep pentas seni atau dengan menyelenggarakan wisuda. Hal ini menandakan bahwa siswa telah menyelesaikan seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dengan tuntas. Namun, hal yang unik justru ditunjukkan oleh SMPIT Ibnu Mas’ud. SMPIT Ibnu Mas’ud berani tampil berbeda dengan menggelar acara Sholawatan dalam rangka pelepasan siswa kelas IX. Acara yang bertajuk  “Dasawarsa SMPIT Ibnu Mas’ud: Minifair, Sholawatan, dan Penyerahan Kembali Siswa Kelas IX: Menuju Generasi Emas dalam Keberagaman Budaya dan Teknologi ini bertempat di halaman SMPIT Ibnu Mas’ud. Acara ini menjadi satu rangkaian dengan Minifair. Minifair SMPIT Ibnu Mas’ud acara pembuka dari acara pelepasan siswa ini. Minifair SMPIT Ibnu Mas’ud menjadi ajang bagi para siswa untuk menunjukkan bakatnya dalam bidang apapun mulai dari seni, sampai dengan kemampuan untuk menjadi event organizer sebuah acara. Disana para pengunjung bisa menyaksikan beberapa karya yang telah dihasilkan selama proses pembelajaran di SMPIT yang juga menggunakan konsep Merdeka Belajar sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan. Hal ini terlihat dari beragamnya karya yang dipamerkan disana. Para pengunjung terlihat begitu antusias untuk menghadiri acara ini. Hal itu dibuktikan dengan keadaan pada setiap stand yang tidak pernah sepi. Sementara di arena panggung para siswa juga antusias menyaksikan pentas seni yang sangat menghibur.

Acara Minifair ditutup dengan acara puncak pada malam harinya yaitu acara Pelepasan dan Sholawat dengan tajuk SMPIT Bersholawat bersama dengan Ustadz Muhammad Luthfi dan Kyai Habib Asy’ari Ahmad bersama dengan Tim Hadroh Kanjeng Sunan Kali. Acara pelepasan ini dimulai pada pukul 19.30 WIB dengan dihadiri oleh siswa kelas IX, wali siswa seluruh kelas, beberapa tamu undangan, serta warga sekitar. Tamu undangan terdiri dari Pengawas Pembina Sekolah, Ketua dan Jajaran Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah lembaga dibawah Yayasan Amal Insan Mulia, Direktur MIZI, Kepala Kalurahan Wates, Babinkamtibnas, Kepala RT /RW Beji serta Punukan dan Rohis Beji dan Punukan.

            Pada sesi pra acara, para tamu undangan serta warga disambut dengan penampilan hadroh dari Tim Hadroh Kanjeng Sunan Kali untuk menyambut para tamu yang datang ke acara sholawatan dan pelepasan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 133. oleh Khairunnisa Alfiatul Hasanah salah satu santri SMPIT Ibnu Mas’ud yang beberapa waktu yang lalu menjadi Narasumber program siaran radio Panggung Juara di Radio MQ FM. Dalam acara sholawatan Kepala SMPIT Ibnu Mas’ud, Riswanto, S. Pd. I. menyampaikan sambutannya. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua yang telah hadir dalam acara sholawat dan pelepasan. Beliau juga menyampaikan bahwa SMPIT Ibnu Mas’ud akan terus berbenah dan berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan pendidikan bagi peserta didik di Kabupaten Kulon Progo.

Sambutan juga diberikan oleh Kasi Peserta Didik dan Pendidikan Karakter (PDPK) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Raden Krishartanto, S. Pd. MM. Beliau menyampaikan bahwa bagi siswa perasaan senang dan gembira dalam menyambut kelulusan itu boleh. Akan tetapi beliau memberikan catatan bahwa hal itu jangan dilakukan berlebihan karena bisa berakibat kurang baik. Syukurilah saja apa yang telah dicapai. Pada saat penyerahan kembali siswa oleh sekolah kepada wali, Wali siswa diwakili oleh Andang Setyawan, wali dari Zahra Faiha Ayyasy. Beliau menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran Yayasan maupun lembaga, khususnya SMPIT Ibnu Mas’ud. Rasa memiliki wali itu memicu wali untuk memberikan masukan.  dan mohon doa agar seluruh siswa bisa meraih cita-citanya. Selanjutnya, Ketua Yayasan Amal Insan Mulia. H. Wakidi, S. pd. memberikan sambutan sekaligus melepas seluruh siswa kelas 9 yang telah lulus. Beliau menyampaikan beberapa hal tentang fokus pengembangan siswa sesuai dengan Kurikulum Internal Yayasan, Kurikulum Bermartabat (Berkarakter, Mandiri, Takwa dan Beramal Talenta) yang diwujudkan dalam beberapa program di sekolah.

Acara ditutup dengan kegiatan sholawatan yang dibersamai oleh Ustadz Muhammad Luthfi dan Kyai Habib Asy’ari Ahmad dan Hadroh Kanjeng Sunan Kali. Dalam rangkaian acara akhir ini juga dilaksanakan doa bersama agar para siswa SMPIT Ibnu Mas’ud khususnya alumni dapat mencapai cita-citanya serta mampu menunjukkan kontribusinya di tengah masyarakat.